Sabtu 14 Dec 2019 00:26 WIB

5 Cara Efektif Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Paparan sinar ultraviolet akan menyebabkan noda bekas luka jerawat jadi lebih gelap.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.
Foto: republika
Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

CEKNRICEK.COM -- Noda bekas jerawat di wajah bukan masalah yang besar, tapi bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Apalagi jika noda itu cukup sulit untuk dihilangkan. Memang dibutuhkan kesabaran untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Anda yang mengalami masalah tersebut tak perlu khawatir. Ada beberapa cara efektif yang dapat menghilangkan bekas jerawat dengan mudah untuk dipraktikkan.

Eksfoliasi wajah dengan AHA atau BHA

Kandungan AHA maupun BHA merupakan bahan eksfoliasi yang bisa memperbaiki warna kulit.

Alpha Hydroxy Acid (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat (anti-penuaan). Sedangkan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah asam salisil (anti-bakteri dan anti-peradangan). Gabungan AHA atau BHA untuk membantu peremajaan kulit, tanpa harus menggunakan scrub dan membuat kulit merah hingga rusak.

Tabir surya

Hindari paparan sinar matahari telalu lama, sebab paparan sinar matahari akan membuat proses penyembuhan kulit jadi lebih lama. Gunakanlah tabir surya setiap pergi ke luar rumah untuk menghindari munculnya noda-noda karena paparan yang lebih hebat.

Paparan sinar ultraviolet akan menstimulasi produksi pigmen dan menyebabkan noda bekas luka jerawat menjadi lebih gelap. 

Baca Juga: Cyspera Terobosan Terbaru Atasi Masalah Kulit Wajah

Rosehip oil

Minyak alami ini bisa sangat membantu untuk mendapatkan efek menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit. Rosehip oil mampu memercepat proses penyembuhan bekas luka jerawat dan mengatasi kompleksitas kulit wajah. Cek label produk skincare Anda untuk mengetahui ada tidaknya kandungan ini.

Vitamin C

Cara lain menghilangkan noda bekas jerawat di wajah dengan menggunakan produk pencerah wajah yang mengandung vitamin C. Vitamin C mampu menyembuhkan peradangan dan pigmentasi kulit.

Lakukan dengan treatment

Jika sudah amat terganggu dengan noda bekas jerawat, Anda bisa konsultasikan masalah ini dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan atau tindakan khusus. Seperti Intense Pulsed Light (IPL) and microdermabrasi, yang sangat efektif mereduksi luka dan kerutan, ketimbang hanya melakukan eksfoliasi biasa di rumah.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement