Kamis 12 Dec 2019 06:06 WIB

Lima Jenis Diet Populer 2019 di AS Menurut Google

Salah satu diet yang populer di AS masih kontroversial.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nur Aini
Diet Sehat (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Diet Sehat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google pada Rabu (11/12) merilis tren diet paling populer yang ditelusuri lewat mesin pencarinya dalam laporan tahunan Year In Search

Dilansir di laman Health, Kamis (12/12), berikut adalah lima jenis diet yang paling ditelusuri di Amerika Serikat untuk menjalani hidup yang sehat. Diet pertama yang paling ditelusuri adalah diet puasa intermiten.

Baca Juga

Diet puasa intermiten menarik bagi orang-orang AS, ketika aktris Jennifer Aniston mengungkapkan dia melakukannya. Ada beberapa versi berbeda dari diet ini, yang melibatkan periode tanpa makanan padat. 

Aniston menyukai versi 16: 8. Artinya, dia makan dalam jendela 8 jam kemudian berpuasa selama 16 jam. "Diduga alasan mengapa hal itu membantu orang menurunkan berat badan adalah bahwa makan dalam waktu delapan jam hanya membatasi jumlah total kalori yang dikonsumsi dalam sehari," kata ahli gizi yang berbasis di New York Lauren Harris-Pincus. 

Diet Dr. Sebi, merupakan diet paling banyak kedua yang mengalami peningkatan penelusuran oleh warganet di AS. Diet Dr. Sebi merupakan sebuah diet yang kontroversial. 

Orang di belakangnya adalah mendiang Alfredo Darrington Bowman, alias Dr. Sebi, yang bukan seorang dokter medis tetapi seorang herbalis yang belajar sendiri. Dia mengklaim, dietnya dapat menyembuhkan kondisi seperti AIDS, anemia sel sabit, lupus, dan leukemia.

Setidaknya itu terjadi sampai gugatan pada 1993 memerintahkannya untuk berhenti melakukan diet. Pada dasarnya, diet Dr. Sebi mempromosikan konsumsi makanan nabati dan suplemen yang konon mengurangi lendir penyebab penyakit dengan membawa tubuh ke keadaan alkali.

Diet Noom, menempati posisi ketiga diet yang paling banyak adanya peningkatan penelusuran oleh warganet selama 2019, setelah populer juga pada 2018. Diet Noom sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna mencatat makanan, mengakses rencana latihan, melacak olahraga, menetapkan tujuan, menilai tingkat motivasi mereka, dan terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama. 

Diet itu juga memiliki artikel, resep, dan dukungan dari pelatih kesehatan pribadi. Namun, semua itu ada harganya, yaitu sekitar 50 dollar AS sebulan. Diet tersebut dirancang untuk bertahan selama empat bulan.

"Sementara aplikasi memberikan dukungan, pengguna pada akhirnya harus membuat keputusan makan dan berolahraga sendiri,” ujar editor nutrisi yang berkontribusi pada Kesehatan, Cynthia Sass, MPH, RD. 

Pada posisi keempat, diet yang paling banyak ditelusuri oleh warganet AS adalah diet 1.200 kalori. Sama seperti namanya, diet itu berupa rencana makan yang membatasi pelaku diet hingga 1.200 kalori setiap hari.

Ada banyak variasi pada diet tersebut. Diet itu juga tidak membatasi kelompok makanan atau jenis makanan apa pun. Diet tersebut mempertahankan 1.200 kalori sehari mungkin terdengar layak untuk jangka pendek. Perlu diingat bahwa Pedoman Diet USDA untuk Amerika menyarankan bahwa wanita yang cukup aktif antara usia 26 dan 50 harus mengambil sekitar 2.000 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Ultra Diet Keto, menempati posisi kelima penelusuran Google paling banyak di AS. Diet keto tinggi-lemak dan rendah karbohidrat itu sempat berada di puncak daftar diet paling populer tahun lalu dari Google.

Tujuan dari diet itu adalah untuk membuat tubuh dalam kondisi ketosis, di mana Anda membakar lemak untuk energi daripada karbohidrat, yang mengarah pada penurunan berat badan. Variasi dari diet keto super populer itu pada dasarnya adalah keto dengan suplemen, yang mengklaim dapat membuat tubuh Anda dalam kondisi ketosis atau meningkatkan pembakaran lemak saat Anda sudah dalam ketosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement