Senin 09 Dec 2019 17:08 WIB

Barry Likumahuwa: Talenta Jazz Tanah Air Potensial

Musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Musisi jazz Barry Likumahuwa menyebut, musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.
Foto: Desy Susilawati
Musisi jazz Barry Likumahuwa menyebut, musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jazz dikenal dengan musik ekslusif, tak heran bila festival musik jazz di Indonesia sangat sedikit. Namun, sebenarnya musisi jazz di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan memiliki bakat yang luar biasa.

"Kalau bicara krisis regenerasi, enggak ya, kita punya banyak bakat baru yang luar biasa banget," ujar musisi jazz Barry Likumahuwa di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

Bicara regenarasi musik jazz, menurut Barry, Indonesia sangat aman. Ada cukup banyak bibit muda potensial yang bisa mengembangkan musik jazz ke depannya.

Hanya saja menurut Barry, festival Jazz di Indonesia tidak banyak. Menurutnya, festival Jazz menjadi salah satu tempat para musisi muda untuk mengembangkan karyanya. Keberadaan festival Jazz yang hanya sedikit di Indonesia memuat musisi muda kekurangan ruang untuk berkarya.

Tak hanya itu, edukasi mengenai musik Jazz juga kurang membumi di Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang bingung membedakan musik Jazz atau genre lain yang masih 'satu aliran'.

"Yang disayangkan adalah edukasinya. Banyak orang Indonesia yang akhirnya bingung, ini jazz atau bukan. Tapi di sisi lain saya juga memahami kebutuhan festival jazz butuh menarik massa," ujar Barry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement