Senin 09 Dec 2019 15:24 WIB

Atiqah Hasiholan Jadi UNAIDS National Goodwill Ambasador

Atiqah Hasiholan sudah lama bekerja sama dengan UNAIDS.

Atiqah Hasiholan. Aktris ini ditunjuk sebagai UNAIDS National Goodwill Ambasador untuk Indonesia.
Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Atiqah Hasiholan. Aktris ini ditunjuk sebagai UNAIDS National Goodwill Ambasador untuk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Atiqah Hasiholan ditunjuk sebagai UNAIDS National Goodwill Ambasador untuk Indonesia yang akan fokus pada isu terkait HIV dan Orang dengan HIV (ODHA) khususnya pada perempuan dan anak. UNAIDS dan Atiqah sudah cukup lama bekerja sama mengkampanyekan nol stigma negatif untuk ODHA di Indonesia.

"Dalam beberapa tahun belakangan, UNAIDS Indonesia telah bekerja sama dengan Atiqah Haiholan secara ad-hoc, khususnya dalam kampanye nol diskriminasi untuk ODHA dan hari AIDS sedunia," ungkap UNAIDS Indonesia Country Director, Krittayawan Boontodi Salihara, Jakarta Selatan, Senin.

Baca Juga

Bergabungnya Atiqah diharapkan akan memberi dampak yang baik dan masyarakat akan memiliki perhatian serta kesadaran yang lebih besar terhadap isu HIV. Istri dari Rio Dewanto ini mengaku sangat bangga bisa terlibat dan sekaligus ditunjuk sebagai National Goodwil Ambasador dari UNAIDS Indonesia.

"Saya merasa terhormat dengan peran baru yang dipercayakan kepada saya," ujar Atiqah yang juga berprofesi model dan pembawa acara. 

Sebagai seorang perempuan dan juga seorang ibu, Atiqah, meyakini bahwa semua perempuan harus mengetahui status HIV mereka. Bintang film Arisan 2 itu mengatakan, dengan mengetahui status mereka, nantinya mereka juga akan bisa mencegah penularan HIV dari ibu ke anak.

Atiqah juga menceritakan bahwa masih banyak stigma negatif yang diterima terhadap ODHA di masyarakat. Kondisi itu membuatnya menanggap amanah barunya adalah pekerjaan yang tidak mudah.

"Yang paling sulit adalah memberantas stigma negatif, namun saya percaya hal itu akan bisa kita atasi dengan cara kita sendiri, karena di setiap negara memiliki cara tersendiri untuk mengatasi itu semua," ujarnya.

Sebagai Godwil Ambasador UNAIDS, nantinya Atiqah akan terlibat dalam berbagai kunjungan lapangan. Ia akan mengunjungi fasilitas kesehatan dan organisasi komunitas yang bergerak di bidang HIV.

"Nantinya saya akan menekankan pentingnya untuk pencegahan, tes, dan pengobatan HIV sekaligus mempromosikan nol diskriminasi bagi ODHA kepada masyarakat," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement