Kamis 05 Dec 2019 02:10 WIB

4 Rempah untuk Tingkatkan Kesehatan Usus

Rempah-rempah dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Aneka rempah Indonesia. Rempah-rempah dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh. (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Aneka rempah Indonesia. Rempah-rempah dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rempah-rempah tak hanya berfungsi untuk memperkaya cita rasa masakan saja. Cukup banyak pula rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Ahli gizi asal Australia Lee Holmes bahkan mengungkapkan bahwa rempah-rempah juga dapat digunakan untuk membantu memperbaiki sistem pencernaan. Dari beragam rempah-rempah yang bermanfaat, Holmes mengungkapkan empat rempah yang bisa ditambahkan ke dalam pola makan untuk menunjang kesehatan usus. Berikut ini adalah keempat rempah tersebut seperti dilansir Mail Online.

Jahe

Jahe merupakan rempah yang diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terkait usus, Holmes mengatakan jahe dapat mendorong perbaikan jaringan di dinding atau lapisan usus.

Oleh karena itu, jahe dinilai dapat menunjang proses penyembuhan penyakit seperti kolitis. Kolitis merupakan reaksi inflamasi yang terjadi di usus besar atau dengan kata lain merupakan peradangan usus besar. Kolitis biasa ditemukan pada kondisi autoimun atau infeksi.

Mint

Daun mint merupakan rempah yang bersifat mengeluarkan udara atau carminative. Daun mint juga cukup sering digunakan untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan.

"Tak hanya dapat meringankan gejala yang berkaitan dengan sindrom iritasi usus, tapi juga dapat mengurangi gejala seperti dispepsia (nyeri perut) dan mual," jelas Holmes.

Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang diketahui memiliki rasa yang tajam. Konsumsi kunyit dapat meredakan kembung dan juga menunjang fungsi hati. Selain itu, kunyit juga merupakan remah dengan antiinflamasi yang aktif sehingga dapat menunjang kesehatan usus.

Dill

Dill merupakan jenis rempah yang dapat membantu meringankan gejala kram serta perut kembung. Menurut Holmes, Dill juga dapat bermanfaat sebagai sedatif alami dan dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri negatif di saluran pencernaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement