Sabtu 30 Nov 2019 13:08 WIB

7 Cara Terapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kantor

Meminimalkan jam lembur juga bagian dari perilaku ramah lingkungan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Kantor paling ramah lingkungan di dunia terdapat di Belanda
Foto: twitter
Kantor paling ramah lingkungan di dunia terdapat di Belanda

CEKNRICEK.COM -- Belakangan kampanye menyayangi bumi makin marak, namun belum semua orang terbiasa untuk menerapkannya. Padahal, caranya sangat mudah dan Anda bisa terapkan di mana saja termasuk saat berada di kantor.

Seringkali orang beralasan karena memakai fasilitas kantor sehingga tak merugikannya. Mindset seperti itulah yang perlu Anda rubah.

Berikut beberapa contoh perilaku ramah lingkungan yang bisa diterapkan di kantor sebagai gaya hidup Anda. 

Go Paperless

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi penggunaan kertas atau go paperless. Contoh paling sederhananya adalah dengan efisien dalam mencetak dokumen menggunakan kertas.

Jika tidak sangat mendesak untuk dicetak, misalnya seperti dokumen penting yang perlu tanda tangan atau materai, tidak usah mencetak dokumen. Atau hasil rapat di kantor bisa disebar via email tanpa harus menggunakan kertas. 

Aktifkan Hibernate Mode di Komputer

Saat akan menghadiri acara di luar kantor atau meeting berjam-jam di ruang rapat, pastikan komputer Anda dalam hibernate mode atau bisa juga mode sleep.

Dalam posisi ini, komputer dalam keadaan mati, tapi pekerjaan Anda belum ditutup. Ketika Anda kembali menyalakan komputer, pekerjaan Anda akan langsung terpampang di layar.

Habiskan Minuman

Perusahaan biasanya menyediakan minuman di meja kerja dan ketika rapat. Jika Anda mengambil air minum, jangan lupa untuk habiskan. Sayang jika ada air yang terbuang. Kesannya sepele, tapi banyak orang yang tak punya akses terhadap air bersih.

Satu Kali Flush Toilet

Tunggulah sampai tangki toilet Anda penuh terisi air. Jika belum penuh dan Anda menekan tombol flush, air yang terbuang akan lebih banyak. Sebenarnya flush satu kali juga sudah cukup. 

Baca Juga: 6 Camilan Sehat untuk Menemani Kerja di Kantor

Cabut Kabel dari Colokan

Ketika Anda akan pulang, semua peralatan elektronik dimatikan dan cabutlah dari colokan listrik, termasuk juga kabel charger, televisi, dan komputer. Kabel yang tertancap di colokan akan terus menyerap energi listrik, meskipun peralatan elektronik dalam keadaan mati.

Maksimalkan Energi Matahari

Cara ini dapat Anda lakukan jika area kerja punya jendela kaca. Jika memungkinkan, duduklah membelakangi jendela. Matikan lampu (listrik) dan biarkan cahaya matahari yang jadi penerang alami. Memanfaatkan alam dengan bijak juga merupakan perilaku ramah lingkungan. 

Minimalkan Jam Lembur

Jika Anda lembur berarti pemakaian listrik dan AC akan bertambah besar. Jika Anda mampu bekerja dengan mengatur jam dengan baik, rasanya tidak sampai perlu lembur setiap hari. Hemat energi juga bagian dari perilaku ramah lingkungan. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement