Sabtu 30 Nov 2019 13:39 WIB

Ingin Beli Mainan untuk Anak, Ini Saran Psikolog

Orang tua harus memperhatikan dalam memilih mainan yang tepat untuk anak.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

CEKNRICEK.COM -- Memilih mainan untuk anak tidak boleh sembarangan. Sebab mainan tak hanya digunakan untuk bermain saja, tapi bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah kreativitas, keterampilan dan media belajar anak. 

Psikolog anak Febiana Pratomo, M.Psi menjelaskan perlunya perhatian orang tua dalam memilih mainan yang tepat untuk anak. Pilih mainan yang dapat memberikan anak beragam manfaat untuk tumbuh kembang mereka. 

"Seperti pemikiran kognitif, saraf sensorik, saraf motorik kasar dan halus serta mengasah kreativitas anak. Dengan kegiatan bermain bersama anak, hubungan orang tua dan anak pun semakin lekat," kata Febiana dalam acara diskusi rekomendasi ELC untuk mainan anak di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Berikut 4 hal yang perlu diperhatikan saat membeli mainan untuk anak:

Pertama: Usia anak

Hal ini dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan mainan yang sesuai dengan kemampuan anak. "Anak bisa frustasi kalau mainannya susah. Atau kalau mainannya mudah, dia akan cepat merasa bosan, makanya perlu disesuaikan dengan usia anak," ucapnya. 

Kedua: Manfaat mainan

Mainan dapat memberikan banyak manfaat pada anak terkait dengan tumbuh kembang. "Kalau mau mengeluarkan biaya untuk beli mainan jadi tidak asal beli. Mainan yang dapat merangsang daya pikir, motorik halus dan kasar, memperkuat otot serta imajinasi mereka," terang Febi.

Baca Juga: Putri Marino Ungkap Sosok Ayahnya di Hari Ayah Nasional

Ketiga: Kesukaan anak

Bila anak mempunyai mainan kesukaan, cobalah untuk memberikan mainan lainnya agar si kecil bisa mengeksplor. "Wajar pada usia tertentu anak lagi suka tema mainan yang itu-itu saja misalnya mobil-mobilan. Tapi boleh memperkenalkan juga mainan lain jadi dia tetap bisa bereksplorasi," tuturnya. 

Keempat: Keamanan mainan

Harus diperhatikan juga keamanan dari mainan yang dirancang. Mulai dari jenis bahannya hingga cat yang digunakan. "Faktor keamanan mainan penting, memastikan apakah ada kepingan-kepingan kecil karena anak suka memasukkan ke dalam mulut," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Marketing Manager ELC, Manda Putri mengatakan, ketika ingin memberikan hadiah mainan kepada anak dapat dilihat dari preferensi kesukaan anak pada saat itu. Karena di usia tertentu anak sudah mulai bisa mengetahui apa yang mereka sukai. Namun, orang tua tetap harus melihat apakah mainan tersebut sesuai dengan usianya dan aman untuk dimainkan. 

"Karena mainan yang bagus itu dibuat dan dirancang dengan mempertimbangkan faktor keamanan, seperti 50 mainan edukatif dari ELC yang didesain dan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak," tutupnya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: NadiaNabillah

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement