Jumat 29 Nov 2019 12:45 WIB

Nino Fernandez Sukai Kopi Hitam

Dulu Nino Fernandez bisa minum hingga 15 gelas kopi sehari.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Nino Fernandez di acara peluncuran limited edition Nespresso Festive Collection.
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawardhani
Nino Fernandez di acara peluncuran limited edition Nespresso Festive Collection.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat ini ada banyak varian rasa kopi yang dijajakan. Namun aktor Nino Fernandez memilih kopi hitam sebagai kopi kesukaannya.

Perkenalannya meminum kopi hitam dimulai dari sembilan tahun yang lalu.

Baca Juga

“Sebenarnya sembilan tahun yang lalu, saya dikenalkan kopi hitam pertama kali sama mantan pacar dan dia punya mesin espresso. Saya minumnya kopi hitam, tidak ngerti kenapa dan akhirnya mulai suka gitu,” kata Nino di acara peluncuran limited editiom  Nespresso Festive Collection pekan ini.

Selanjutnya, kakak dari Millane Fernandez ini mengaku minum kopi sebanyak tiga kali sehari. Yakni, di waktu pagi, siang, dan sore maksimal pada pukul 17.00 WIB.

Dulu, kata Nino, ia sempat terlalu banyak minum kopi. Dalam sehari, ia bisa meminum kopi sebanyak 10 sampai 15 kali.

“Makanya sekarang tiga kayaknya pas gitu. Karena dibiasain tiga, tubuh kita juga tidak begitu lebih,” ujarnya.

Pria berusia 35 tahun ini kerap membuat eksperimen mencampur kopi dengan bahan-bahan lain. Nino pernah mencampur kopi dengan air kelapa, jeruk, kulit jeruk (orange peel), stroberi, hingga teh.

Nino berkelakar eksperimen minuman kopinya banyak yang tidak enak, mungkin karena ia yang membuat. Tetapi, ia menyukai campuran kopi dengan kulit jeruk.

“Jadi dia (minuman) pakai espresso, es batu, air kelapa, dan orange peel,” katanya.

Sisi lain, Nino menganggap tidak ada kopi yang tidak enak. Sebab, setiap kopi ada penikmatnya. Misalnya, belum tentu orang yang suka meminum kopi A akan suka minum kopi B, padahal harganya lebih mahal.

“Jadi setiap kopi ada pasarannya masing-masing, oleh karena itu tidak ada kopi yang tidak enak atau kopi yang jelek ,” ujarnya.

Selain itu, Nino membagikan tipnya menyimpan kopi. Jika sudah dibuka, masukkan kopi ke tempat yang kedap udara dan jangan terkena sinar matahari. Cara menyimpan kopi yang tidak tepat, tutur Nino, akan mempengaruhi rasanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement