Senin 25 Nov 2019 13:51 WIB

Yuk Kunjungi Wisata Keramik di Purwakarta

Berbagai model keramik seperti pot, guci, celengan, dan mainan anak tersaji di sini.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered menjadi salah satu destinasi wisata menarik dan patut dikunjungi di Kabupaten Purwakarta. Pengembangan Sentra Keramik ini berlokasi di Jalan Raya Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Berbagai model keramik seperti pot, guci, souvenir, celengan, mainan anak, dan lainnya tersedia di sini. Sentra ini sering kali ramai dikunjungi para pelajar atau mahasiswa yang sebagian besar berasal dari luar kota. Umumnya mereka belajar cara produksi kerajinan tangan berbahan tanah liat tersebut.

AYO BACA : Polisi Terus Dalami Kasus Tanah Kas Desa di Purwakarta

Kepala UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered, Mumun Maemunah mengatakan, hingga saat ini sentra perajin keramik Plered sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Kabupaten Purwakarta terus mendapatkan apresiasi dan kunjungan dari wisatawan. Kegiatan pembuatan keramik merupakan budaya turun temurun sehingga masyarakat setempat sangat ahli membuat keramik sejak dulu.

AYO BACA : Gara-gara Tanah Kas Desa, Kades di Purwakarta Terancam Penjara 20 Tahun

“Kami selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi para pengunjung yang datang, terutama bagi pelajar kita paparkan proses awal hingga akhir pembuatan keramik,” kata Mumun, belum lama ini.

Mumun berharap, segala fasilitas yang ada di sini dapat memberikan pelajaran sekaligus pengalaman berharga bagi setiap pengunjungnya.

“Setiap bulannya ada saja rombonganì pelajar yang datang, bahkan dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, bahkan dari kota di Jawa Tengah dan tentunya pelajar dari Purwakarta sendiri,” kata dia.

Sepanjang Jalan Raya Anjun Kecamatan Plered berjejer rumah warga yang disulap menjadi toko berjualan gerabah keramik. Selama ini wilayah itu menjadi pusat oleh-oleh kerajinan tangan asal Purwakarta.

AYO BACA : Mengenal Kopi Purwakarta yang Nikmat

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement