Rabu 20 Nov 2019 18:39 WIB

Sejumlah Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Selain Olahraga

Olahraga bukan satu-satunya cara untuk menunjang hidup yang sehat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Cukup minum air putih setiap hari bermanfaat untuk kesehatan (ilustrasi)
Foto: MenHealth
Cukup minum air putih setiap hari bermanfaat untuk kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan berolahraga identik dengan gaya hidup sehat. Akan tetapi, olahraga bukan satu-satunya kebiasaan baik yang patut dilakukan untuk menunjang hidup yang sehat.

Selain berolahraga, ada beberapa kebiasaan baik lain yang juga sebaiknya diadopsi dalam keseharian demi hidup yang lebih sehat. Kabar baiknya, kebiasaan-kebiasaan ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Baca Juga

Laman The Ladders, Rabu (20/11), mengungkapkan setidaknya ada beberapa kebiasaan sehat selain berolahraga yang patut dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah kebiasaan sehat yang patut dicoba.

Cukup Air Putih

Meminum air putih dalam jumlah yang cukup dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Kecukupan asupan cairan dapat membuat kulit lebih sehat hingga menjaga fungsi sel-sel di dalam tubuh tetap baik.

Mulai biasakan minum air putih dengan meminum segelas air putih sesaat setelah bangun tidur. Kebiasaan ini perlu dilakukan karena tubuh kehilangan banyak cairan ketika tidur.

photo
Cukup minum air putih (Ilustrasi)

 

Peregangan

Peregangan dapat membantu menjaga kesehatan fascia, yakni jaringan yang melapisi otot, saraf dan organ-organ. Peregangan dapat memecah kolagen di fascia dan memberikan kesempatan bagi otot untuk mendapatkan lebih banyak oksigen. Peregangan bisa dilakukan selama 10-15 menit per hari. Pastikan pikiran fokus dan nafas teratur selama melakukan peregangan.

Kurangi Penggunaan Gawai

Penggunaan gawai menjelang waktu tidur sebaiknya dikurangi. Kebiasaan ini akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk relaksasi sebelum tertidur.

Bersyukur

Rasa bersyukur perlu dipupuk dan dilatih karena dapat membantu membentuk pola pikir yang positif. Mulai dengan membiasakan diri untuk menulis minimal tiga hal yang disyukuri dalam satu hari. Cara ini juga dapat membantu seseorang untuk mengubah suasana hati yang negatif menjadi lebih positif.

Lakukan Hal Yang Diminati

Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai seperti hobi dapat membantu seseorang untuk merasa lebih puas akan kehidupan. Bila diri sendiri tidak merasa pusa, seseorang akan sulit untuk bisa mendukung dan mencintai orang-orang di sekitarnya. Luangkan waktu setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Membaca

Tak semua orang mungkin senang membaca. Akan tetapi membaca buku bisa menjadi sarana untuk mendapatkan me time, edukasi dan bahkan hiburan yang merelaksasi diri. Setidaknya, luangkan waktu sekitar 15-30 menit per hari untuk membaca. Pilih genre buku yang paling disukai agar kegiatan membaca terasa lebih menyenangkan.

Mindfulness

Pola pikir mindfulness dapat membantu meredakan stres sekaligus merelaksasi tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya bila mindfulness dilatih setiap hari dengan cara berkomunikasi dengan tubuh. Meditasi hingga latihan pernafasan juga dapat membantu seseorang untuk melatih mindfulness.

Jangan Kekang Diri Sendiri

Jangan terlalu keras dengan diri sendiri. Sesekali mengonsumsi makanan cepat saji boleh saja dilakukan. Tak perlu 'menghukum' diri dengan berolahraga sangat keras di gym hanya karena sesekali mengonsumsi makanan cepat saji.

Coba Pengalaman Baru

Coba untuk melakukan hal-hal baru sesering mungkin dan biarkan diri sendiri untuk bermimpi serta menemukan hal yang benar-benar disukai. Hidup yang diliputi dengan gairah akan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih puas dengan kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement