Rabu 20 Nov 2019 09:02 WIB

Panda Raksasa Bei Bei Terbang ke Cina dengan Jet Pribadi

Bei Bei kembali ke China setelah kini berusia empat tahun.

Rep: MGROL 127/ Red: Indira Rezkisari
Bei Bei, si panda raksasa.
Foto: AP
Bei Bei, si panda raksasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terbang dari Amerika ke China di penerbangan ekonomi mungkin terasa kurang nyaman. Tapi tidak bagi Bei Bei si panda raksasa.

Bei Bei, panda raksasa yang lahir di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington D.C. terbang ke China menggunakan jet pribadi. Bei Bei lahir di kebun binatang padatahun 2015. Menurut CNN, ia kembali ke China, Selasa waktu AS, sesuai dengan perjanjian yang mengharuskan semua panda raksasa yang lahir di kebun binatang tersebut dipindah ke China saat berusia empat tahun.

Baca Juga

Bei Bei, panda yang dinamai oleh mantan Ibu Negara Michelle Obama dan Ibu Negara China Peng Liyuan ini adalah generasi pertama panda yang hidup di Kebun Binatang Nasional. Panda raksasa berdasarkan kategorinya, sudah naik tingkat dari terancam ke rentan pada September 2016.

"BeiBei adalah bagian dari keluarga kami," kata Steve Monfort, direktur Kebun Binatang. "Tim kami telah merawatnya, belajar darinya, dan bersama jutaan orang senang melihatnya tumbuh," lanjutnya.

Bei Bei akan melakukan perjalanan dengan pesawat Boeing 777F pribadinya, yang disebut dengan Panda Express dengan stiker panda di pesawat, menurut FedEx. Terbang dengan pesawat pribadi berarti Bei Bei juga akan dilayani dengan makanan ringan seperti 30 kg bambu, makanan ringan, dan air dalam perjalanannya.

Tak cukup dengan makanan, Bei Bei juga akan dihibur dengan in flight entertainment. "Jika Anda adalah panda raksasa yang terbang 16 jam ke China, apa yang Anda inginkan dalam playlist Anda?" ujar cicitan Twitter Smithsonian.

"Seperti yang kami katakan #ByeByeBeiBei dengan @NationalZoo, kami mengundang Anda untuk mengubah ‘bayi’ menjadi ‘Bei Bei’ dan berbagi pilihan Anda dengan #BeiBeiMixTape," lanjutnya.

Mengucapkan selamat tinggal ke Bei Bei tidak mudah. Bei Bei sudah menjadi kesayangan publik di kebun binatang.

Kebun binatang mengunggah foto masa lalu ketika Bei Bei masih dalam perut. Juga saat Bei Bei meluncur dari pohon dan jatuh ke tanah.

Ketika ia bersiap untuk terbang, panda raksasa itu disajikan dengan kue berwarna-warni dengan beberapa rasa favoritnya seperti tebu dan ubi.

Menurut Kebun Binatang Nasional, Bei Bei adalah panda raksasa ketiga yang lahir di kebun binatang untuk pindah ke China, setelah Tai Shan yang pindah pada 2010 dan Bao Bao yang pindah pada 2017. Menurut kebun binatang, ketika ia mencapai kematangan seksual antara 5 sampai 7 tahun, Bei Bei akan memasuki program pembiakkan panda raksasa, dilansir dari Travel and News.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement