Ahad 17 Nov 2019 16:21 WIB

Lima Kesalahan Saat Cuci Tangan

Kesalahan utama saat cuci tangan adalah tidak melakukannya cukup lama.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah siswa mencuci tangan saat edukasi kebersihan tangan di SD Negeri 2 Sumowono, Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (6/11/2019).
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah siswa mencuci tangan saat edukasi kebersihan tangan di SD Negeri 2 Sumowono, Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (6/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuci tangan yang tidak benar dapat membuat Anda rentan terhadap kuman. Pastikan tidak melakukan kesalahan mencuci tangan yang umum.

Berikut kiat mencuci tangan yang benar:

Baca Juga

Tidak mencuci cukup lama

Sebuah penelitian baru-baru ini di Michigan State University (MSU) menemukan bahwa 95 persen orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membunuh kuman secara efektif. Yaitu, 20 detik menggosok tangan dengan sabun dan air, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

"Kami memberi tahu anak-anak dan orang dewasa untuk menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' dua kali," kata Roshini Raj, MD, yang menghadiri dokter di NYU Medical Center.

Studi MSU menemukan waktu mencuci tangan rata-rata hanya sekitar enam detik. Terlebih lagi, 15 persen pria dan 7 persen wanita sama sekali tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar kecil.

Melewatkan celah

Jika Anda hanya menggosok sabun di antara telapak tangan, membilas, dan menyudahinya, tangan mungkin masih kotor. “Kuman suka bersembunyi di bawah kuku dan di saku di antara jari, jadi Anda harus menggosok area ini setiap kali Anda mencuci,” kata Dr. Raj seperti dilansir dari laman Healthy.

Pastikan untuk menggosok dengan penuh semangat untuk mendapatkan busa yang baik, gesekan adalah kunci untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit.

Tangan tidak benar-benar kering

Teknik mencuci tangan yang paling rajin tidak berguna jika Anda berhemat dalam pengeringan. Kuman suka berkembang biak dalam kelembapan.

Meninggalkan kamar kecil dengan tangan yang masih lembap dapat membuatnya lebih mudah untuk mengambil mikroba kuman dari permukaan berikutnya yang Anda sentuh. Jika memiliki pilihan tisu atau blower udara, pilih tisu.

Dalam sebuah penelitian yangditerbitkan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings pada tahun 2012, para peneliti menganalisis semua studi mencuci tangan yang dilakukan sejak tahun 1970. Makalah ini menyimpulkan bahwa tisu lebih unggul daripada pengering tangan yang benar-benar kering tanpa percikan kuman atau kulit kering.

Jika blower adalah satu-satunya pilihan Anda, pastikan untuk menghabiskan waktu yang cukup dengan tangan di bawah angin yang bertiup sampai benar-benar kering, bahkan jika itu butuh waktu.

Hanya mencuci setelah gunakan kamar mandi

Kapan saja menyentuh permukaan publik (tombol lift, kenop pintu, ATM, atau tiang bawah tanah), Anda berisiko terpapar kuman atau bakteri. “Kebanyakan orang tahu untuk mencuci setelah pergi ke kamar mandi, tetapi Anda harus mencuci secara berkala sepanjang hari, terutama selama musim dingin dan flu,” kata Dr. Raj.

Untuk saat-saat ketika tidak mudah bertemu wastafel, taruh sebotol pembersih tangan di tas atau laci meja Anda. Sebuah pembersih dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen efektif membunuh banyak jenis kuman.

Harus menggunakan air panas

Sabun dan air panas adalah salah satu tip yang bisa Anda abaikan dengan aman. Dr. Raj mengatakan bahwa meskipun ada kepercayaan luas bahwa Anda membutuhkan air panas untuk membunuh kuman-kuman tangan, suam-suam kuku atau bahkan air dingin akan melakukan pekerjaan dengan baik. Faktanya, mereka sebenarnya lebih baik untuk kulit Anda karena mereka kurang kering.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Vanderbilt University di Tennessee menemukan bahwa air dingin mengurangi kadar bakteri sama seperti air panas, selama tangan digosok, dibilas, dan dikeringkan dengan benar. Para peneliti mencatat bahwa walaupun panas telah terbukti dapat membunuh bakteri, Anda harus menggunakan air mendidih pada suhu sekitar 212 derajat Fahrenheit untuk melihat pengurangan patogen yang jauh lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement