Kamis 14 Nov 2019 09:38 WIB

Pemikiran Wanita di Lima Instalasi Fotografi

Otak wanita dianggap sebagai sesuatu yang mengagumkan sebagai instalasi fotografi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
WOW menggelar POZE x Mario Photographie yang merupakan sebuah ajang wisata instagramable, selfie museum keren dan unik yang menghadirkan instalasi fotografi berteknologi imersif pertama di Indonesia untuk ber-swafoto. POZE x Mario Photographie dibuka untuk umum di Neo Soho Mall lantai III Central Park, setiap hari, mulai 16 November 2019 hingga 15 Februari 2020.
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
WOW menggelar POZE x Mario Photographie yang merupakan sebuah ajang wisata instagramable, selfie museum keren dan unik yang menghadirkan instalasi fotografi berteknologi imersif pertama di Indonesia untuk ber-swafoto. POZE x Mario Photographie dibuka untuk umum di Neo Soho Mall lantai III Central Park, setiap hari, mulai 16 November 2019 hingga 15 Februari 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — POZE x Mario Photographie menghadirkan wisata Instagramable yang keren dan unik di Neo Soho Mall, Central Park, Jakarta Barat. POZE menghadirkan lima instalasi Instagramable menarik yang mengulik tentang keindahan otak wanita.

“Kita ada lima instalasi yang masing-masing mengulik tentang keindahan otak wanita,” kata Project Director POZE x Mario Photographie, Marvin Julian di Neo Soho Mall, Central Park, Jakarta Barat.

Baca Juga

POZE x Mario Photographie ingin membuat sesuatu yang lebih bermakna, tidak sekedar sudut berfoto Instagramable biasa. POZE mengambil tema Her Dream World, yang berarti menelusuri otak wanita yang mengagumkan.

Karena itu, Marvin merasa beruntung mendapat sponsor yang sesuai dengan target pasar dan instalasi yang dikelola. Instalasi POZE terbagi menjadi lima, yakni, Womanhood, Intuition Space, Puzzle Mind, Mind Sanctuary, dan Dynamic Chemical.

Instalasi Womanhood mengangkat tajuk Kelihatan Cerdasnya. Stan tersebut memiliki tema utama merah muda dengan menempatkan beberapa patung perempuan yang menggambarkan berbagai profesi. Instalasi ini memungkinkan pengunjung menikmati teknologi slow-motion yang hasilnya bisa langsung dikirim lewat surat elektronik (surel). Instalasi Womanhood menggambarkan bagaimana perempuan itu sebenarnya sosok yang simpel dan cerdas, serta bisa menjadi apa saja.

Instalasi yang disponsori Bright Gas itu menggambarkan bagaimana perempuan itu memiliki sifat kasih dan sayang pada keluarga. Instalasi diharapkan bisa memberi pesan pada masyarakat bahwa perempuan adalah makhluk yang kuat dan cerdas.

Instalasi Intuition Space menampilkan latar bak di luar angkasa. Instalasi itu mencoba membedah isi otak wanita. Wanita itu biasanya berpikir secara intuisi, artinya berpikir kreatif hingga membuatnya masuk ke dimensi berbeda.

“Kita membuat ini seperti, otak wanita itu diisi hal kreatif. Banyak ornamen yang digantung, itu abstraks,” ujar Marvin.

Instalasi Mind Sanctuary menampilkan stan berwarna pastel yang menenangkan dengan genangan air di beberapa bagian. Instalasi itu menunjukkan keberadaan zona nyaman wanita. Meskipun wanita penuh dengan kerumitan dan keindahan, pikirannya juga memiliki sisi yang tenang. Tempat di mana kita bisa merefleksikan diri

Lalu instalasi Puzzle Mind menampilkan hal-hal indah, berkilau, dan berkelas. Ruangan dibalut warna hitam dan perak, sehingga ketika terkena cahaya akan terpancar berkilau.

Instalasi menggambarkan bagaimana pola pikir perempuan itu sebenarnya indah, tetapi misterius dan penuh teka-teki. Di sini, pengunjung bisa seolah menyusun kepingan-kepingan dalam pikiran perempuan yang rumit, tetapi indah. Di stan ini, pengunjung bisa merasakan teknologi motion camera.

Berikutnya instalasi Dynamic Chemical bisa dibilang sedikit eksklusif. Sebab, stan berada didalam ruangan tertutup yang menampilkan permainan cahaya. Di booth ini, pengunjung bisa mendapatkan hasil jepretan menggunakan teknologi camera lighting painting.

Instalasi itu menunjukkan bahwa selalu ada cahaya di ujung kegelapan. Perempuan bisa mengambil keputusan tanpa perlu peduli dengan pendapat orang lain. Mereka cukup menjadi diri sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement