Rabu 13 Nov 2019 18:42 WIB

Shakira Hampir Alami Depresi Setelah Cedera Pita Suara

Dua tahun silam, Shakira mengalami pendarahan pita suara.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Shakira dan Gerard Pique.
Foto: Reuters
Penyanyi Shakira dan Gerard Pique.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Penyanyi asal Amerika Latin, Shakira, mengungkapkan masalah kesehatan mental yang terjadi kepada dirinya. Ia mengaku hampir depresi setelah pita suaranya cedera hingga sempat mengancam karier bermusiknya sekitar dua tahun lalu.

"Saya tidak positif. Saya merasa sangat pesimistis dan menjadi orang yang tidak menyenangkan," ujar Shakira dilansir Page Six, Rabu (13/11).

Baca Juga

Pada 2017, Shakira sempat mengalami pendarahan pitra suara yang membuatnya terpaksa menunda tur dunia "El Dorado" yang sedang dilakukannya di Eropa. Ia mengatakan bahwa apa yang terjadi bagaikan mimpi buruk, yang bahkan tidak pernah dibayangkannya sama sekali.

"Saya selalu berpikir akan ada hal-hal dalam hidup saya yang akan hilang, seperti kecantikan, masa muda, semua hal itu, tetapi saya tidak pernah berpikir bahwa suara saya akan meninggalkan saya, karena itu begitu melekat. Itu identitas saya," jelas Shakira.

Pelantun lagi "Hips Don't Lie" itu mengatakan bahwa saat kehilangan kemampuan untuk bernyanyi, ia merasa saat tertekan. Shakira mengakui ada kalanya tidak bisa bangun dari tidur karena merasa sangat sedih.

Perempuan berusia 42 tahun itu juga mengakui bahwa suaminya, pemain sepak bola profesional Gerard Pique telah melihat sisi terburuk darinya selama masa sulit ini. Namun, tentunya dukungan selalu diberikan oleh pasangannya itu.

"Dia (Pique) bergurau bahwa saat saya diam, dia merasa seperti salah satu mantan narapidana yang diberi kebebasan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu," kata Shakira.

Selama proses penyembuhan, Shakira rutin mengunjungi dokter. Tak hanya itu, ia juga mengandalkan metode alternatif seperti meditasi, hipnosis, hingga yang berhubungan dengan hal religius.

Karena itu, saat sembuh, Shakira merasa bahwa apa yang terjadi kepadanya seperti sebuah pengalaman spiritual yang berharga. Perempuan yang bernama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll ini telah siap untuk kembali ke atas panggung dengan tur El Dorado dan pada 2020 dijadwalkan untuk tampil bersama Jennifer Lopez di acara Super Bowl.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement