Sabtu 16 Nov 2019 16:36 WIB

Bekukan Makanan Sebelum Berpergian, Nikmati Sepulangnya

Tak sedikit orang kehabisan tenaga untuk menyiapkan makanan sepulang liburan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menyimpan makanan di freezer.
Foto: Flickr
Menyimpan makanan di freezer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghabiskan waktu liburan yang panjang tentu akan terasa menyenangkan. Di sisi lain, berlibur dalam jangka waktu panjang juga dapat terasa sangat melelahkan. Saat pulang berlibur dalam keadaan lelah, tak sedikit orang yang kehabisan tenaga untuk menyiapkan makan dan minum di rumah.

Rasa lelah setelah berlibur sebenarnya bukan penghalang bagi seseorang untuk bisa menikmati makanan dan minuman lezat begitu kembali pulang ke rumah. Yang perlu dilakukan hanyalah mempersiapkan makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum pergi berlibur.

Baca Juga

Beberapa makanan dan minuman bisa tetap segar ketika disimpan di dalam kulkas atau freezer. Dengan begitu, makanan dan minuman tersebut bisa disimpan dalam waktu lama dan dapat langsung dinikmati di rumahs etelah pulang berlibur.

Justine Pattison yang dijuluki sebagai 'Freezer Queen' atau Ratu Freezer membagikan beberapa tips untuk membekukan makanan dan minuman sebelum berpergian jauh dari rumah. Salah satu tips yang dibagikan Pattison adalah membekukan susu.

Susu yang dibekukan harus susu yang tersimpan di dalam kemasan karton. Jangan menyimpan susu dalam wadah botol kaca ke dalam freezer. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat memicu botol kaca untuk pecah.

Sebagai alternatif, susu juga bisa disimpan dalam freezer dengan cara menuangkan susu ke cetakan es batu. Susu yang disimpan di dalam freezer bisa bertahan lebih lama dan dapat dinikmati kembali sesaat setelah pulang ke rumah. Untuk menikmati susu beku ini, cukup cairkan susu terlebih dahulu dengan menggunakan kompor maupun microwave.

Pattison juga menyarankan untuk membekukan roti lapis di rumah sebelum berpergian. Sebelum dibekukan, susun roti lapis dengan isian yang disukai. Setelah itu, bungkus roti lapis dengan tin foil dan simpan di dalam freezer.

Setelah pulang ke rumah, roti lapis beku ini bisa menjadi pengganjal perut. Sebelum disantap, panaskan dahulu roti lapis beku dengan cara membuka pembungkus tin foil lalu masukkan roti beku ke dalam microwave sekitar 20 detik.

"Setelah itu roti lapis bisa langsung dipanggang di alat pemanggang roti atau dipanggang di wajan dan memasaknya secara perlahan," jelas Pattison seperti dilansir The Sun.

Pattison juga menyarankan untuk membuat sop dalam jumlah banyak sebelum pergi berlibur. Simpan sop ini ke dalam kantung-kantung zip lock dan simpan di dalam freezer.

Beberapa buah-buahan lembut seperti stroberi, blueberi, rasberi, dan mentimun juga bisa disimpan di dalam kulkas. Saat beku, buah-buahan ini dapat menjadi campuran minuman yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement