Selasa 19 Feb 2019 13:14 WIB

Hindari Menyimpan Makanan Ini di Freezer

Daun selada justru layu dan kehilangan kerenyahannya bila dibekukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Sayur yang dibekukan.
Foto: Pixabay
Sayur yang dibekukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompartemen bersuhu sangat rendah di lemari es yang biasa disebut freezer memiliki berbagai fungsi. Selain membekukan air menjadi es batu, freezer juga sering dijadikan tempat menyimpan sejumlah makanan seperti daging dan ikan.

Namun, pembekuan tidak selalu menjadi solusi tepat untuk menjaga bahan makanan tahan lama. Ada sejumlah makanan yang tidak boleh disimpan di freezer karena kualitasnya bisa rusak, seperti diulas laman Indian Express berikut.

Baca Juga

Telur

Menyimpan butiran telur utuh yang belum dimasak dalam freezer adalah kesalahan besar karena berpotensi pecah saat beku. Cara terbaik menyimpan telur adalah meletakkannya di wadah dengan suhu ruangan dan mengonsumsinya sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa.

Selada

Kelezatan selada terletak pada kerenyahan daunnya saat dikonsumsi dalam kondisi segar. Menyimpan selada di freezer justru menurunkan kualitasnya karena sayuran berdaun hijau ini menjadi layu dan sama sekali tidak renyah saat dimakan.

Mayones

Jangan sekali-kali meletakkan wadah penyimpan mayones dalam freezer karena akan mengubah teksturnya. Hal itu bukan ide bagus karena mayones akan menjadi sangat menggumpal dan tidak bisa dioleskan atau dituangkan dengan mudah.

Nasi

Sebagian orang punya kebiasaan menyimpan sisa makanan dalam freezer dengan harapan bisa dihangatkan untuk dimakan lagi. Namun, jangan lakukan ini pada nasi karena freezer membuat teksturnya berubah kering dan rasanya kurang sedap.

Pasta

Hal sama pada nasi juga berlaku untuk pasta. Jangan begitu saja percaya pada promosi merek yang menyarankan pembekuan untuk dipanaskan kemudian. Memasukkan pasta ke dalam freezer malah membuatnya menjadi gumpalan basah.

Rempah-rempah

Rempah-rempah akan lengket setiap kali dibekukan. Cara mengatasinya, tuangkan minyak zaitun atau minyak wijen dalam baki, lalu letakkan rempah-rempah di dalamnya. Saat rempah akan digunakan, panaskan dahulu minyak yang sudah membeku tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement