Selasa 12 Nov 2019 15:51 WIB

Cara Nicholas Saputra Cegah Pencemaran di Vila Miliknya

Nicholas Saputra memandang penting menjaga lingkungan vilanya tetap asri.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Aktor dan public figur, Nicholas Saputra, saat diwawancara di Jakarta Selatan, Kamis (7/11).
Foto: Republika/Farah Noersativa
Aktor dan public figur, Nicholas Saputra, saat diwawancara di Jakarta Selatan, Kamis (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktor sekaligus figur publik Nicholas Saputra baru-baru ini mulai menyewakan vila yang dia miliki kepada para pelancong. Vila yang berlokasi di wilayah Tangkahan Sumatera Utara itu mengaku tetap memperhatikan lingkungan dan tetap menjaga lingkungan akan tetap lestari dan asri.

“Sebenarnya kalau saya, itu menjadi bagian paling penting untuk mencegah pencemaran di lingkungan vilanya,” ungkap Nico di peluncuran produk baru Traveloka yaitu Vila dan Apartemen, di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga

Tiga vila milknya itu terletak di wilayah yang agak jauh dengan kota Medan. Selain itu, letaknya berada di dekat Taman Nasional Gunung Leuser dan dekat dengan Elephant Sanctuary.

Lalu, karena dekat dengan hutan, maka banyak orangutan yang terkadang menampakkan diri di dekat vilanya itu. Sungai dekat vilanya masih jernih dan juga air terjun, berjarak sekitar lima meter dari vilanya yang dinamakan ‘Terario’ itu.

Karena letaknya yang sangat dekat dengan alam itu, Nico pun melakukan sebuah inovasi untuk menjaga kualitas lingkungan tetap terjaga. Salah satunya adalah membuat sistem pembuangan air dengan beberapa lubang.

“Jadi istilahnya ada beberapa lubang biopori, itu untuk penyerapan air pertama, kedua, ketiga, jadi ketika kita buang air ke sungai juga airnya sudah bersih, airnya diserap oleh sistemnya itu tadi,” jelas Nico.

Langkah berikutnya adalah, sebagai penyedia tempat untuk menginap bagi para pelancong, dia menyediakan sabun mandi dan sampo yang dibuat sangat natural. Sabun mandi dan sampo yang ramah lingkungan itu tentu sangat disarankan olehnya untuk dipakai bagi para pelancong yang datang menyewa vilanya.

Meskipun demikian, dia tak melarang para pelancong untuk menggunakan sabun dan sampo sendiri ketika menggunakan vilanya, karena dia memiliki sistem manajemen pembuangan yang sangat baik. Namun, sabun dan sampo yang dia sediakan juga memiliki bahan natural dan tanpa bahan kimia sehingga akan sangat baik jika digunakan.

Nico mengaku sejauh ini respons publik, terutama pelancong sangat tinggi terhadap adanya vila yang mulai dia sewakan sejak September 2019 lalu. Vilanya dapat dipesan melalui Instagram @terrariotangkahan. Dia pun berharap pada awal 2020 mendatang, dia bisa mendirikan sebuah vila lagi yang baik dan indah untuk dikenalkan kepada para pelancong.

“Sebenarnya nanti ada yang baru lagi sih awal ahun depan. Nanti saya kasih tahu lagi,” tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement