Selasa 12 Nov 2019 15:33 WIB

Lutut Kejeduk Sandaran Kursi Depan di Pesawat, Coba Tip Ini

Belum ada aturan yang melarang penumpang merebahkan sandaran kursi di kelas ekonomi.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Kursi pesawat kelas ekonomi.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kursi pesawat kelas ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aturan untuk tidak merebahkan sandaran kursi pesawat di kelas ekonomi memang tidak ada secara tertulis. Itu pun belum menjadi kesepakatan di antara konsumen maskapai penerbangan.

Terlepas dari semua perdebatan yang terjadi dalam hal merebahkan sandaran kursi di pesawat, khususnya di kelas ekonomi, ada beberapa tip yang dapat ditempuh ketika harus berhadapan dengan ketidaknyamanan akibat penumpang di kursi depan merebahkan sandaran kursinya. Berikut saran yang dimuat di USA Today:

Baca Juga

Pertama, tepuk bahu penumpang di depan Anda dengan perlahan. Tanyakan dengan sopan, apakah mungkin untuk tidak merebahkan sandaran kursinya. Jelaskan bahwa itu cukup menganggu.

Dalam beberapa kasus, ada penumpang yang dengan sengaja merebahkan sandaran kursi begitu orang di belakangnya pergi ke toilet. Bahkan, mereka kemudian pura-pura tertidur dan membuat Anda enggan menganggu. Untuk mengatasinya, cobalah meminta bantuan pramugari.

Jika situasi yang Anda temui tidak memungkinkan untuk mencegah orang-orang yang ‘menganggu’ ini, maka jangan ragu untuk melihat apakah ada kursi lain yang tersedia di pesawat. Tanyakan kepada pramugari terkait kemungkinan tukar kursi dan jangan lupa sertakan alasan yang melatarbelakanginya dengan jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement