Rabu 06 Nov 2019 08:19 WIB

Bento Harassment, Cinta Ibu dalam Sekotak Bento

Bento Harassment jadi salah satu film yang diputar di Japanese Film Festival.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan film Bento Harassment
Foto: Youtube
Adegan film Bento Harassment

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaori (Ryoko Shinohara) pusing menghadapi putri bungsunya. Futaba (Kyoko Yoshine) yang dulu manis dan berperangai lembut, sekarang ketus dan bersikap tak acuh. Gadis SMU itu berada dalam fase pemberontakan.

Segala cara sudah dilakukan Kaori untuk membuat putrinya mau terbuka. Memulai percakapan, memberi perhatian, membujuk, mengomel, sampai menghukum, semua hanya dianggap angin oleh Futaba. Kaori semakin frustrasi.

Baca Juga

Ibu tunggal itu tak mau menyerah. Dia bertekad menemukan cara untuk berkomunikasi dengan putrinya. Setiap pagi, dia membuat bekal makan atau bento dengan gambar dan pesan unik. Bisakah bento dari sang ibunda membuat Futaba tergugah?

Bento Harassment menjadi salah satu film yang diputar pada gelaran Japanese Film Festival (JFF) 2019 di lima kota di Indonesia. Sinema dengan judul asli Kyo mo Iyagarase Bento ini merupakan arahan sutradara Renpei Tsukamoto.

Selama 106 menit durasi, penonton bakal terlarut dalam suguhan drama komedi. Tsukamoto mengemas hubungan pelik ibu dan anak itu dalam canda. Adegan yang memicu tawa terbahak-bahak perlahan beralih pada konflik mengharukan dan menguras air mata.

Dengan latar pulau Hachijojima yang indah, film menjadi tayangan tepat untuk semakin mengenalkan negeri sakura. Penonton Indonesia pun bisa mengetahui lebih banyak tentang chara-ben alias bento karakter serta posisi penting bento dalam keluarga Jepang.

Kekurangannya, pada beberapa bagian film cukup 'cerewet' dengan berbagai narasi atau infografis soal keterangan lokasi maupun adegan yang tengah berlangsung. Hal itu mungkin membantu bagi sebagian orang, tapi mengurangi kejutan visualnya.

Film untuk semua umur ini sangat ringan dan membuat siapapun yang menontonnya belajar lebih banyak tentang kultur sosial Jepang. Pesan paling utama, tentu saja mengenai cinta ibu yang tak pernah padam untuk buah hatinya.

Bento Harassment bisa disimak pada gelaran Japanese Film Festival (JFF) 2019 di Jakarta. Jadwal pemutaran berlangsung di CGV Grand Indonesia, pada Sabtu (9/11) pukul 13.40 WIB dan Ahad (10/11) pukul 11.05 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement