Rabu 06 Nov 2019 04:30 WIB

Metode Ini Bisa Ajarkan Anak Anda Beberes Kamar

Anak dapat belajar dari metode Marie Kondo.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Reiny Dwinanda
Marie Kondo
Foto: dok Netflix
Marie Kondo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan anak untuk merapuhkan kamar mereka tentu bukan perkara mudah. Meski demikian, metode yang dimiliki Marie Kondo bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membiasakan buah hati membenahi kamar mereka sendiri.

Seperti dilansir laman Usa Today, Selasa (5/11) Marie Kondo berhasil mengguncang dunia dengan metode KoMari yang mampu melipat barang-barang hingga lipatan terkecil agra lebih mudah diorganisir. Tekbik tersebut kemudian dia terapkan kepada kedua anaknya.

Mari mengaku sukses membiasakan anak-anaknya itu untuk membiasakan diri melipatnsesuatu hingga merapihkan kamar mereka secara mandiri. Dia mengungkapkan, mengajarkan sambil bermain menjadi kunci untuk menyampailan pesan kepada anak Anda.

Dia mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana Anda harus merapikan berdasarkan kategori. Medua adalah Anda harus meninggalkan hal-hal yang benar-benar menghambat kesenangan bagi Anda dan hal ketiga baru mengajarkan mereka melipat pakaian.

Dalam tahap ini, dia mengatakan, orang tua harus menjelaskan kepada anak bahwa penting untuk mengetahui batas ruang sehingga mereka tidak bisa memiliki semuanya. Pada akhirnya, dia melanjutkan, anak-anak akan mengerti kalau mereka pada akhirnya harus merapihkan hingga membuang barang-barang termasuk mainan mereka.

"Anak-anak suka segalanya, sehingga mereka tidak bisa benar-benar melepaskan apa pun. Tapi nanti Anda akan terkejut melihat berapa banyak seorang anak akan dapat melepaskan hal-hal setelah dia melihat setumpuk hal," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement