Selasa 05 Nov 2019 15:58 WIB

Begini Cara Mengakhiri Percakapan dengan Sopan

Sebagian orang mungkin bingung mengakhiri obrolan dengan sopan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Mengobrol (Ilustrasi)
Foto: Pexels
Mengobrol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obrolan seru bisa mendadak berubah menjadi keheningan canggung setelah tak ada lagi yang bisa diperbincangkan. Saat mencapai titik tersebut, sebagian orang terkadang bingung bagaimana cara mengakhiri obrolan dengan sopan.

 

Baca Juga

Bahasan itu menjadi tema dalam salah satu utas Reddit. Saran terpopuler untuk mengakhiri percakapan ringan yakni dengan lebih sedikit bicara dan memperbanyak tersenyum. Hal itu cukup mengisyaratkan sudah saatnya obrolan berakhir.

Dilansir melalui Lifehacker, Selasa (5/11), untuk lawan bicara yang peka, hal itu seringkali berhasil. Kedua belah pihak akan sama-sama mengakhiri percakapan lalu beranjak melanjutkan kegiatan lain. Akan tetapi, ada kalanya lawan bicara kurang memahami isyarat yang terlalu halus.

Jika itu terjadi, saran selanjutnya adalah memberikan undangan makan siang. Anda bisa berkata, "Bagaimana kalau kita makan siang bersama sesekali?". Hal itu menyampaikan bahwa Anda masih ingin bertemu dan berbincang dengannya di kemudian hari.

Undangan bertemu kembali tidak selalu harus makan siang, bisa juga berupa ajakan ngopi atau nongkrong bersama. Anjuran ini sebaiknya diterapkan terhadap lawan bicara yang bukan sepenuhnya orang asing atau baru saja Anda jumpai.

Ajakan tidak boleh sekadar basa-basi. Anda harus mengasumsikan bahwa lawan bicara akan mengiyakan ajakan makan siang atau ngopi tersebut. Bahkan kalaupun dia mengiyakan demi sopan santun, ajakan sebaiknya disampaikan dengan tulus.

Berbeda halnya jika lawan bicara bukan tipe menyenangkan dan Anda tidak ingin sering terlibat dengannya. Pada kasus ini, undangan makan siang bukan ide bagus. Lebih baik akhiri percakapan secara langsung tanpa tambahan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement