Jumat 01 Nov 2019 08:15 WIB

Tilapia Saus Pedas Barbekyu dengan Tokpoki

Tilapia tinggi protein dan vitamin D, serta rendah lemak.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Tilapia Saus Pedas Barbekyu dengan Tokpoki.
Foto: Republika/Noer Qomariah K
Tilapia Saus Pedas Barbekyu dengan Tokpoki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ikan tilapia merupakan nama umum untuk jenis ikan cichlid. Ikan ini juga umumnya hidup di air tawar.

Daging tilapia tinggi protein dan vitamin D, serta rendah lemak. Ikan ini cocok untuk semua masakan karena dagingnya empuk dan tidak lembek.

Baca Juga

Brand Ambassador Regal Springs Naturally Better, Chef Norman Ismail membagikan resep mengolah ikan tilapia dengan mudah, namun tetap menghasilkan masakan yang nikmat dan sehat. Yakni, tilapia saus pedas barbekyu dengan tokpoki.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 200 gram fillet ikan tilapia, 100 gram tokpoki, 10 sendok makan gochujang, satu sendok makan wijen, lima sendok makan saus sambal, dan lima sendok makan madu.

Masakan ini juga memerlukan lima sendok makan air, dua sendok makan minyak wijen, satu sendok teh cuka nasi, satu batang daun bawang, satu sendok makan bawang putih, garam dan lada secukupnya, serta minyak zaitun untuk wajan penggorengan ikan tilapia.

Langkah selanjutnya, keluarkan fillet tilapia dari kemasan dan diamkan hingga suhu ruangan, beri garam dan lada secukupnya. Kemudian masak fillet ikan tilapia di wajan dengan sedikit minyak hingga matang, lalu sisihkan.

Tokpoki yang akan digunakan harus direbus terlebih dulu dengan air mendidih hingga matang. Tokpoki bisa digunakan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat.

Selanjutnya, tumis bawang putih hingga wangi, tuang semua bahan ke dalam wajan, aduk merata hingga masak dan sedikit mengental. Masukkan tokpoki yang sudah matang, lalu aduk rata.

Setelah itu, masukkan fillet ikan tilapia  dan aduk hingga terbalut rata dengan saus. Taburkan wijen di atas masakan dan tilapia saus pedas barbekyu dengan tokpoki siap dihidangkan.

Chef Norman memiliki sedikit tips pada saat menumis bawang putih. Bawang putih sebaiknya tidak ditumis  dalam keadaan panas.

Sebab, bawang putih akan cepat hangus.

“Jadi wangi bawangnya belum keluar tapi sudah hangus duluan,” kata Chef Norman dalam acara pengumuman kompetisi resep Fillet Naturally Better Tilapia di Culinaria Modena Indonesia, Jakarta, Kamis (31/10).

Jika ingin menumis bawang putih sebaiknya dimasukkan saja sejak suhu minyaknya belum panas. Lalu, tumis pelan-pelan menggunakan api yang kecil.

Ia juga berpesan untuk berhati-hati dalam menambahkan garam di masakan ini. Karena gochujang dan saus sambal yang digunakan sudah memiliki rasa asin.

“Dicoba dulu, kalau kurang baru ditambahkan garam,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement