Jumat 01 Nov 2019 03:50 WIB

42 Film Bersaing untuk Masuk Nominasi Oscar

Puluhan film bersaing untuk masuk dalam nominasi film terbaik Oscar 2020.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nur Aini
Piala Oscars
Foto: cbc.ca
Piala Oscars

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD — Musim penghargaan film sudah tiba. Sebanyak 42 film siap mengguncang panggung perlombaan Oscar.

Ketika Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan pada Agustus 2018 bahwa Oscar ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020, itu pertanda bahwa perhelatan tersebut digelar lebih awal.

Baca Juga

Penyelenggaraan Oscar yang lebih awal membuat Hollywood ramai dengan pembicaraan tentang musim promosi singkat yaitu tiga pekan lebih pendek dari tahun-tahun terakhir. Hal yang menjadi sorotan adalah bagaimana waktu pendek tersebut akan mempengaruhi momentum film. Meski demikian, perhelatan Oscar kali ini tetap dipenuhi dengan banyak harapan.

Todd Phillips 'Joker’ mendapat hadiah besar pertama musim ini ketika memenangkan Golden Lion di Festival Film Venice pada Agustus. Penghargaan itu tidak biasa untuk produksi studio Hollywood yang dipuji di festival tersebut, disukai para penggemar internasional, apalagi diangkat dari komik. Kemenangan itu memantapkan drama Warner Bros sebagai pesaing meski penayangannya sempat mendapat beberapa kritik atas kekerasan yang ditampilkan di film.

Joker bukan satu-satunya debut yang kuat di Venesia. Di Toronto, Jojo Rabbit dari Fox Searchlight meraih penghargaan penonton yang sering kali menjadi penentu arah Oscar. Selain itu, beberapa aktor termasuk Renée Zellweger di Judy, Jennifer Lopez di Hustlers, dan Jonathan Pryce di The Two Popes membuat kesan pertama yang kuat selama musim festival.

Sementara, banyak film menunggu untuk debut (beberapa, termasuk drama perang Sam Mendes 1917 dan Richard Jewell dari Clint Eastwood, masih belum terlihat), ada juga beberapa yang mencoba untuk menjaga momentum berbulan-bulan setelah penayangan perdana, yaitu Quentin Tarantino's Once Upon a Time in Hollywood (meredup pada Juli tetapi kembali ke bioskop 25 Oktober dengan tambahan rekaman 10 menit). Film Parasite berbahasa Korea, yang memenangkan hadiah utama di Cannes, diputar di AS pada Oktober. Film itu digadang-gadang mengikuti film "Roma" yang mendapatkan nominasi dan menang di luar nominasi film internasional.

 

The Hollywood Reporter mendata ada 42 film yang berlomba-lomba mencari perhatian untuk memenangkan Oscar. Beberapa di antaranya adalah:

‘1917’ rilis 25 Desember 2019

‘Ad Astra’ rilis 20 September 2019

‘The Aeronauts’ rilis 6 Desember 2019

'Avengers: Endgame' rilis 26 April 2019

'The Banker' rilis 26 April 2019

'A Beautiful Day in the Neighborhood' rilis 22 November 2019

'Bombshell' rilis 20 Desember 2019

'Booksmart' rilis 10 Maret 2019

'Cats' rilis 20 Desember 2019

'Clemency' rilis 27 Desember 2019

'Dark Waters' rilis 22 November 2019

'Dolemite Is My Name' rilis 25 Oktober 2019

Di atas merupakan beberapa judul film yang masuk dalam kategori 42 nominasi Best Picture yang masih akan disaring lagi. Beberapa ada yang sudah tayang dan box office, tetapi beberapa lainnya baru akan tayang pada bulan-bulan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement