Jumat 25 Oct 2019 16:57 WIB

Pesanan Kamar Hotel Dibatalkan? Ini Triknya Agar tidak Rugi

Pengelola hotel bisa membatalkan pesanan kamar dengan sejumlah faktor.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Kamar hotel (Ilustrasi)
Foto: EPA
Kamar hotel (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pemesanan kamar hotel tidak memiliki status kewajiban yang sama dengan pesawat. Pengelola hotel bisa saja membatalkan pesanan Anda tanpa khawatir dengan masalah hukum. Untuk itu, Anda harus melakukan sejumlah trik agar tak dirugikan.

Dilansir dari laman Lifehacker.com, Jumat (25/10), kamar yang sudah dipesan di sebuah hotel mungkin saja penuh oleh banyak faktor. Anda pun berkemungkinan dipindahkan ke kamar yang kualitasnya lebih buruk atau yang lebih parah akan diminta mencari hotel lain.

Baca Juga

Jika hal itu terjadi pada Anda, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta kompensasi. Anda pantas meminta kompensasi atas ketidaknyamanan itu. Minta pihak hotel membayar kamar dan transportasi Anda ke hotel lain yang disepakati.

Usahakan keluhan Anda disampaikan langsung kepada manajer ataupun orang dengan jabatan tinggi di hotel tersebut. Dengan demikian dia bisa dimintai pertanggungjawaban langsung dan segera mengambil keputusan.

Kedua, minta kompensasi juga ke penyedia layanan pemesanan hotel. Seperti situs yang memberikan jasa pemesanan hotel secara daring. Mereka juga harus memberikan kompensasi atas ketidaknyamanan Anda.

Semua kompensasi itu memang layak Anda dapatkan. Terlebih jika Anda adalah pelanggan setia hotel tersebut. Status sebagai orang yang rutin menginap di suatu hotel juga bisa menjadi kekuatan untuk meminta kompensasi yang sepadan.

Meski sejumlah trik di atas dapat membantu, namun semua itu tak akan sebanding dengan kenyamanan Anda yang telah terganggu. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengecek kembali ketersediaan kamar sebelum Anda melaju ke hotel yang sudah diepesan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement