Kamis 24 Oct 2019 13:48 WIB

Cara Hemat Uang Jajan Saat Traveling

Uang jajan bisa hemat dengan aksesori yang dibawa dalam perjalanan wisata.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nora Azizah
Traveling (Ilustrasi)
Foto: Piqsels
Traveling (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melancong bisa mengeluarkan bujet cukup tinggi. Namun, ada banyak cara untuk melakukan perjalanan dengan pengeluaran yang minim.

Selain bisa berhemat dengan membeli tiket pesawat dan akomodasi, berinvestasi pada aksesori perjalanan juga bisa menghemat biaya wisata. Mungkin awalnya perlu merogoh kocek dalam untuk memberli peralatan yang mendukung liburan. Namun, barang-barang tersebut membantu menghemat biaya perjalanan, khususnya uang jajan.

Baca Juga

Power bank

Power bank sebetulnya menghemat uang Anda selama perjalanan. Apalagi, jika kapasitasnya besar dengan kemampuan pengisian daya yang juga besar. Bayangkan, dengan memiliki power bank selama melancong, maka Anda tidak perlu membeli kopi untuk duduk di suatu tempat dan mengisi daya ponsel Anda.

Tidak perlu lagi membayar untuk mengisi daya di tempat khusus. Selain memakan uang, juga waktu. Ada baiknya menggunakan power bank yang berkualitas. Power bank untuk melakukan perjalanan sebaiknya berkapasitas besar, sekitar 20 ribu mAh.

photo
Power bank (Ilustrasi)

 

Google Fi

Google Fi menjadi salah satu aksesori yang dibutuhkan saat berpelesir. Cukup tukar kartu SIM biasa dengan kartu Google Fi saat bepergian. Ini juga memungkinkan menghindari biaya roaming besar saat bepergian ke luar negeri.

Paket data Google Fi berfungsi di sekitar 200 negara tanpa biaya tambahan (meskipun dipakai untuk membaca tulisan atau panggilan suara). Pastikan sebelum Anda pergi bahwa negara yang Anda kunjungi sudah termasuk dalam cakupan Google Fi. Paket data mulai dari $ 10 per gigabyte (dan setelah enam, gratis).

Botol air minum

Salah satu cara termudah untuk menghindari biaya tambahan saat bepergian adalah dengan membawa botol air minum sendiri. Tak hanya itu, hal ini juga menyelamatkan planet ini dari botol plastik.

Botol air reusable yang bisa diandalkan adalah oleh Vapur. Botol-botol ringan ini dapat dilipat, membuatnya mudah untuk digulung ke dalam koper, dompet, atau bahkan saku baju Anda saat kosong, karena botol-botol ini mengembang hanya ketika diisi dengan air. Bonus tambahan, botol ini aman untuk pencuci piring dan bebas BPA.

Aplikasi perjalanan

Aplikasi perjalanan dapat membantu menghemat uang dan waktu, terutama yang tersedia secara offline. Secara khusus, aplikasi seperti TripIt, aplikasi maskapai dan hotel, aplikasi berbagi perjalanan, peta/arah, bahkan aplikasi hiburan seperti Netflix, Spotify atau Amazon Kindle dapat membantu menghemat uang.

Dengan aplikasi ini kita tidak perlu membeli majalah di bandara atau peta kertas. Aplikasi mesin pencari penerbangan dan hotel seperti Hopper atau Hotel Tonight juga dapat membantu menghemat uang untuk membeli perjalanan, terutama di menit-menit terakhir.

Kit binatu

Perjalanan wisata yang lebih lama biasanya mengharuskan kita mencuci pakaian. Tak heran bila kita butuh tempat binatu atau laundry. Di AS atau Eropa, biaya binatu tentu tak semurah di Asia. Karena itu, travel laundry kit adalah alternatif penghematan uang yang sempurna.

Kit ini dilengkapi dengan sumbat wastafel karet, tali jemuran mini dan paket deterjen kecil. Paket ini bisa membantu kita mencuci pakaian di wastafel atau bak mandi, dan kit tersebut dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam koper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement