Jumat 18 Oct 2019 05:31 WIB

Kapan Si Kecil Boleh Olahraga Futsal?

Olahraga futsal memiliki banyak manfaat bagi anak-anak.

Rep: Umi Soliha/ Red: Nora Azizah
 Sekelompok anak bermain futsal di lapangan pelataran Monumen Nasional (Monas), Ahad, (7/12).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Sekelompok anak bermain futsal di lapangan pelataran Monumen Nasional (Monas), Ahad, (7/12). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga futsal memiliki segudang manfaat bagi perkembangan anak. Melalui olah raga ini buah hati bisa belajar sportifitas, bertanggung jawab, bersosialisasi, disiplin dan masih banyak lagi.

Kapten timnas futsal yang berhasil membawa Indonesia juara di Piala AFF 2010,  Vennard Hutabarat mengatakan, melalui kompetisi, karakter anak terus berkembang, salah satunya sportivitas. Dalam pertandingan anak diharuskan mematuhi peraturan, harus sportif terhadap lawan, tidak boleh nelawan wasit dan sebagainya.

Baca Juga

"Sportivitas sangat sehat untuk karakter anak saat dewasa," ujar Vennard usai press conference McDonald's Junior Futsal Championship 2019 di McCafe McDonald's Sarinah, Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Selain itu, futsal pun bisa menjadi langkah awal buah hati untuk menjadi pemain sepak bola. Sebab, kata dia, akan banyak teknik futsal yang bisa dipakai saat bermain sepak bola.

"Bakat anak akan kelihatan jika berlatih futsal sejak dini, sehingga kita bisa mengembangkan bakat tersebut," ujarnya.

Lalu usia berapa yang tepat menurut Vennard untuk anak berlatih futsal? Menurutnya usia yang tepat bermain futsal adalah dari tujuh tahun. Usia tersebut adalah usia yang pas untuk melatih otot motorik anak. Pada usia tersebut, anak akan diajar teknik - teknik dasar, namun tidak ke penekanan anak untuk mahir.

"Di akademi saya anak - anak sudah mulai latihan dari usia tujuh tahun. Pada usia ini sangat mudah untuk melatih otot motorik anak," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement