Ahad 13 Oct 2019 09:58 WIB

Cara Kin 'The Fly' Ubah Gaya Hidup Jadi Ramah Lingkungan

Kini mulai kurangi menggunakan plastik, hingga pakai bahan bakar ramah lingkungan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Vokalis dan Gitaris The Fly, Kin Aulia
Foto: Instagram @kinthefly
Vokalis dan Gitaris The Fly, Kin Aulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vokalis dan gitaris The Fly, Kin Aulia, mengakui sulit mengubah gaya hidup lebih ramah lingkungan. Sebab, selama ini pemilik nama lengkap Teuku Bujang Kinanti Aulia itu sangat bergantung pada keberadaan plastik.

“Sulit (mengubah gaya hidup). Karena saya boros plastik. Kita sudah dibiasakan puluhan tahun, kayak plastik tuh Indonesia banget,” kata Kin dalam meet and greet dengan WOLFTANK di Fountain Atrium, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Kin dan keluarga sudah mulai mengubah gaya hidup lebih ramah lingkungan, seperti mengurangi penggunaan gelas plastik dan kantong kresek, selalu membawa boks dan tas daur ulang. Untuk kendaraan bermotor, Kin memilih menggunakan bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi agar mengurangi polusi. Bahkan, Kin menukar semua lampu di rumahnya menggunakan LED agar lebih menghemat energi

Kin dan istri juga mengajarkan pada anak agar mengurangi produk yang berbau plastik. Karena itu, dia membiasakan anak selalu membawa tumblr. Kin mengakui tak mudah mengubah gaya hidup yang bergantung pada plastik. Kesadaran itu dimulai ketika dia menyadari bahwa dampak sampah plastik sangat luar biasa.

“Akhirnya saya ubah dari diri sendiri, istri sudah mulai, anak yang masih susah. Semoga bisa,” ujar Kin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement