Kamis 03 Oct 2019 06:17 WIB

Tirta Lie Bagi Kiat Makan Bakmi Lezat

Pastikan mengaduk dulu bakmi agar bumbu di dasar mangkuk bercampur.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Spesialis Bakmi, Tirta Lie.
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Spesialis Bakmi, Tirta Lie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakmi merupakan salah satu makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, saat ini masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana langkah menyantap bakmi agar terasa lebih lezat.

Spesialis Bakmi, Tirta Lie mengungkapkan, selain dipengaruhi proses membuat dan merebus bakmi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bakmi lebih lezat ketika disantap.

Baca Juga

Apa saja? Berikut penjelasannya.

Aduk dulu

Menurut Tirta, banyak orang yang langsung melahap bakmi tanpa mengaduk-aduknya terlebih dahulu. Padahal menurut dia, proses mengaduk sangat penting untuk memastikan bumbu merata dan meresap.

"Kadangkala pedagang itu, apalagi sedang ramai, mereka suka asal ngaduknya. Pada akhirnya bumbu bakmi masih mengendap di bawah. Nah makanya sebelum makan pastikan kita aduk-aduk dulu, biar makin mantap," kata Tirta saat ditemui di Festival Mie Gandaria, Jakarta, Rabu (2/10).

Jangan campurkan kuah

Tips kedua agar bakmi terasa lebih lezat ketika disantap adalah tidak mencampurkan kuah ke dalam bakmi. Jika kuah dicampurkan ke dalam bakmi, maka citarasa bakmi akan tidak lagi otentik.

Jadi baiknya, kuah diseruput di sela-sela melahap bakmi saja. "Kalau bisa juga jangan tambahkan kecap, saus atau lada tambahan. Karena itu akan menghilangkan citarasa asli dari bakminya," kata Tirta.

Dahulukan santap bakmi

Saat hendak menyantap bakmi, pastikan mendahulukan bakmi untuk disantap. Menurut Tirta, jika mendahulukan topping atau kuah untuk disantap, dikhawatirkan citarasa keduanya mengganggu keotentikan citarasa bakmi.

"Kita kan tujuannya makan bakmi, jadi dahulukan bakmi dulu yang dilahap. Kalau dagingnya dulu, misal, nanti yang ada keenakan daging mengalahkan rasa bakmi," ucap Tirta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement