Rabu 02 Oct 2019 04:24 WIB

Seberapa Besar Kopi Memengaruhi Waktu Tidur?

Menurut penelitian, kopi memang bisa memengaruhi cara tidur seseorang.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nora Azizah
Segelas Kopi (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Segelas Kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Beberapa orang minum kopi sebelum tidur, dan tidak mengalami masalah tidur. Ada pula orang-orang yang tidak bisa tertidur usai minum kopi. Apakah sebenarnya kopi benar-benar memengaruhi tidur?

Menurut kepala sains dan peneliti kopi di Seven Miles Coffee Roaster, dokter Adam Carr, kopi dapat memengaruhi cara tidur seseorang. Namun, tepatnya cara kerjanya tergantung pada daya tahan setiap orang terhadap kafein.

Baca Juga

"Rata-rata, orang membutuhkan sekitar lima hingga enam jam untuk menghilangkan setengah dari kafein yang dicerna (yaitu separuh). Beberapa orang terbukti menghabiskan waktu dua jam, lebih dari 16 jam untuk melakukannya," kata Dr. Carr seperti dilansir news.com.au, Rabu (2/10)

Oleh karena itu, mereka yang jarang mengonsumsi kafein dapat mentolerirnya lebih sedikit. Problema masalah tidur karena kopi juga berkaitan dengan genetika. Meski, jika Anda bertanya-tanya mengapa kerabat Anda dapat minum kopi tepat sebelum tidur dan Anda tidak dapat melakukannya, itu karena mereka telah membangun daya tahan bagi tubuhnya.

"Beberapa orang memiliki daya tahan genetik secara alami, namun, orang juga dapat mulai membangun daya tahan tubuhnya terhadap kafein berdasarkan kapan dan seberapa banyak mereka meminumnya," kata Dr. Carr.

 

Dua penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition (2001) menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengatasi beberapa efek samping dari kafein, termasuk dampak diuretik (perlu pergi ke kamar mandi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement