Senin 30 Sep 2019 09:40 WIB

Rieka Roeslan Remake Lagu 'Oh Kasih'

'Oh Kasih' merupakan lagu ciptaan Rieka yang populer sekitar 19 tahun silam.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Rieka Roeslan
Foto: gigsplay.com
Rieka Roeslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi sekaligus pencipta lagu Rika Roslan membawakan ulang lagu fenomenal ciptaannya yang bertajuk ‘Oh Kasih’. Lagu yang dulu dibawakan penyanyi Shanty itu sempat meledak pada tahun 2000.

Dibawakan ulang, Rika Roslan menggandeng Tiwi eks T2 sebagai teman duetnya. Dia juga menggandeng Ali Akbar sebagai pengarah musik atau music director pada lagu ini. Ali mengatakan, lagu ini mengalami perbuahan sekitar 50 persen dari versi yang dibawakan oleh Shanty.

Baca Juga

“Kalau ditanya seberapa jauh perubahan aransemen yang sekarang dari pada yang terdahulu, jawabannya adalah lebih dari 50 persen jauh. Akan tetapi, suasananya tetap dance ya,” ungkap Ali saat konferensi pers peluncuran single ‘Oh Kasih’ di wilayah Jakarta Selatan, pekan lalu.

Menurutnya, oleh karena penulis lagu ini adalah Rika Roslan sendiri, maka dia pun banyak berdikusi dengan Rika mengenai perubahan lagu yang akan dibawakannya ini. Diskusi itu pun terus berlangsung hingga pada akhirnya dia dan Rika, beserta Tiwi bisa menyepakati hasil aransemen terakhir dari lagu ini.

Selain itu, Ali mengakui lagu ini memang menjadi lebih matang ketika telah diaransmen ulang. Dia lebih menyertakan banyak instrumen yang analog atau lebih live yang juga bisa dibawakan secara band.

“Ada orkestrasinya juga. Benang merah di sini sebagai katagori musik dance mungkin adalah nuansa sambanya sebagai basic dance-nya,” jelas Ali.

Ali yang telah bekerja bersama dengan Rika Roslan selama lebih dari 20 tahun itu juga mengarahkan lagu ini untuk menjadi lebih memiliki harmonisasi dari pada versi sebelumnya. Karakter suara Tiwi dan Rika pada lagu ini pun melebur dan menyatu.

“Kalau dalam duet, kedua penyanyi itu harus sama-sama nge-blend (bercampur). Jadi tidak ada yang lebih bagus. Makanya aku dorong Tiwi untuk terus memberikan yang terbaik,” jelas Rika.

Lagu ini telah diluncurkan bersamaan dengan video klipnya yang juga dibintangi oleh keduanya. Lagu ini bisa diperdengarkan di platform musik daring dan juga platform video daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement