Sabtu 28 Sep 2019 16:25 WIB

Terlalu Banyak Bermain Ponsel, Anak Muda Sulit Bersantai

Mereka tidak pernah benar-benar bersantai karena mereka terus-terus memeriksa telepon

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Esthi Maharani
Ponsel
Foto: VOA
Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Survei baru mengklaim orang-orang muda bisa benar-benar bersantai hanya selama tujuh jam dalam sepekan. Sebab, mereka menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel mereka.

Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah jajak pendapat yang melibatkan 2.000 orang dewasa yang sibuk di rumah dan kehidupan kerja. Hal ini membuat para peserta berusia antara 18 dan 34 tahun mendapatkan waktu kurang dari 60 menit untuk diri mereka sendiri setiap hari.

Sekitar enam dari 10 mengatakan mereka tidak pernah benar-benar bersantai karena mereka terus-terus memeriksa telepon mereka. Sepersepuluh responden mengatakan sulit untuk pergi lebih dari 10 menit tanpa melihat gawai pintar mereka.

Seperti yang dilansir dari Independent, Sabtu (28/9), sembilan dari 10 peserta mengaku membuka telepon mereka ketika mereka thu tidak memiliki pesan baru.

Seorang juru bicara layanan rambut dan kecantikan yang menugaskan jajak pendapat, Treatwell mengatakan mengabaikan waktu relaksasi dapat memiliki efek yang sangat merugikan. Itu bisa terjadi dengan sangat lambat sehingga seseorang tidak menyadari itu terjadi.

“Seringkali dibutuhkan orang lain untuk membelikan kita hadiah atau mengambil sebagian beban dari kita untuk ‘memaksa’ kita melakukan perubahaan kebiasaan,” ujar perwakilan tersebut.

Banyak orang dewasa yang disurvei berjuang untuk bersantai bahkan ketika mereka tidak memiliki pekerjaan untuk dilakukan, dengan lebih dari sepertiga mengatakan mereka merasa ‘bingung’ tanpa tugas. 46 persen berharap ponsel tidak pernah ditemukan sehingga akan lebih mudah bagi mereka untuk bersantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement