Senin 23 Sep 2019 14:19 WIB

Perasan Santan Ala Amerika, Eropa, dan Afrika

Santan sulit didapatkan di Amerika, Eropa, dan Afrika, ini solusinya!

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nora Azizah
Santan
Foto: draxe
Santan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Santan merupakan bahan tambah yang hampir sering digunakan dalam banyak masakan Indonesia. Hanya saja, keberadaannya sering kali sulit ditemukan di negara-negara Barat yang tidak beriklim tropis seperti Indonesia.

Untuk membuat masakan dengan menggunakan santan, yang diperlukan adalah buah kelapa. Namun, mencari di mana untuk mendapatkan kelapa ketika berada di Eropa, Afrika, atau Amerika Serikat?

Baca Juga

Penulis buku 'Resep Masakan Indonesia di 5 Benua' Aslida Rahardjo menjelaskan, bahan-bahan pengganti bisa ditemukan di masing-masing wilayah. Contoh saja, santan bisa dibuat dengan memanfaatkan kelapa parut yang sudah dikeringkan.

"Ini berangkat dari pengalaman saya, resep-resep yang sudah pernah dimasak dan simpel," ujar sosok perempuan yang menghabiskan lebih dari 20 tahun tinggal di negara-negara berbeda, Ahad (22/9).

Dari pengalamnnya, desiccated coconut atau dried coconut sangat mudah ditemukan. Banyak hidangan penutup di beberapa negara memanfaatkan bahan tersebut.

Untuk bisa memperoleh santan dari parutan kelapa kering, Aslida menjelaskan, bisa dengan memblendernya dengan air panas atau hangat. Setelah itu tekstur akan lebih lembut dan bisa diperas untuk mengambil santannya.

Namun, ketika ada kelapa, santan bubuk, atau santan cari itu akan lebih mudah untuk melakukan proses memasak. Segala celah terkecil, menurut Aslida, dalam bumbu masakan bisa digunakan asal mau mencari dan mencoba. Santan dari kelapa segar memang tak bisa tergantikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement