Sabtu 21 Sep 2019 11:00 WIB

The Informer: Mengungkap Jaringan Narkoba dalam Lapas

Jalan cerita The Informer dalam mengungkap jaringan narkoba lapas tak mudah diterka.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan film The Informer
Foto: Warner Bros Pictures
Adegan film The Informer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemasyarakatan (Lapas) adalah salah satu tempat yang subur bagi perdagangan narkoba. Hal inilah yang diangkat dalam film The Informer.

Film yang disutradai oleh Andrea Di Stefano ini menceritakan soal korupsi dalam lapas serta penyelundupan narkoba yang melibatkan sejumlah narapidana dan “orang dalam”. Aktor Joel Kinnaman tampil sebagai tokoh utama bernama Pete Koslow yang merupakan residivis yang hidup bersama istri dan anaknya.

Pete dibebaskan dari penjara di Bale Hill Prison, New York karena FBI membutuhkanya untuk dijadikan aset. Setelah keluar dari penjara, Pete ditunjuk jadi mata-mata FBI. Ia dilibatkan dalam bisnis narkoba yang dijalankan oleh orang Polandia. Tapi, kariernya itu kemudian mengancam nyawanya dan keluarganya setelah salah satu misinya tak berjalan sesuai rencana.

photo
Adegan dalam film The Informer.

Pete terlibat dalam pembunuhan salah satu anggota kepolisian New York. Hasil rekaman CCTV pun membuatnya diincar oleh kepolisian setempat dan membuat jaringan narkoba dari Polandia berpotensi untuk terungkap.

Agar Pete tak terjangkau oleh kepolisian New York, pimpinan jaringan Polandia pun memaksanya untuk kembali masuk dalam penjara. Selain agar ia tak terjamah oleh kepolisian setempat, Pete sekaligus memiliki tugas untuk menjadi pengedar narkoba di dalam Bale Hill Prison.

Ini jadi pilihan sulit bagi Pete. Istri dan anaknya tentu akan keberatan jika Pete harus kembali mendekam di kurungan. Di lain sisi, nyawa anak dan istrinya jadi taruhan jika Pete menolak.

Sebagai mata-mata FBI, Pete pun menyampaikan masalahnya kepada agen FBI bernama Wilcox yang diperankan oleh Rosamund Pike. Mendengar rencana ini, FBI pun sepakat untuk melanjutkan misi sehingga pengungkapan nantinya sekaligus dapat menjamah peredaran narkoba di dalam lapas.

Pete pun sepakat untuk menjalankan operasi ini setelah FBI menjanjikan akan segera membebaskanya dari penjara setelah misi selesai. Tapi, kenyataan kembali tak berjalan sesuai rencana.

Selain menyajikan sejumlah aksi yang mendebarkan, The Informer juga berhasil memaksa penonton untuk bepikir keras. Garis cerita yang disajikan membuat penonton menerka-nerka maksud dari setiap aksi. Semua itu disajikan oleh Stefano sang sutradara dengan penuh kejutan sehingga tak gampang diterka.

Naskah film ini ditulis oleh Matt Cook berdasarkan novel berjudul Three Seconds.  Selain Rosamund Pike dan Joel Kinnaman, film ini juga dibintangi oleh Common, Ana de Armas dan Clive Owen. The Informer rencananya akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada pekan depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement