Jumat 20 Sep 2019 17:15 WIB

Rutin Jalan Kaki Bisa Mencegah Risiko Stroke

Stroke penyakit yang paling ditakuti semua orang. Penyakit ini bisa membuat seseorang kehilangan segalanya dalam waktu yang sangat singkat. 

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Sumber: Klikdokter
Sumber: Klikdokter

Stroke penyakit yang paling ditakuti semua orang. Penyakit ini bisa membuat seseorang kehilangan segalanya dalam waktu yang sangat singkat. 

Untuk mencegah stroke, selain menerapkan pola hidup sehat, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga rutin. Dikutip dari laman boldsky.com, olahraga rutin paling mudah serta murah yang bisa dilakukan demi mencegah stroke adalah jalan kaki. 

Para ahli percaya jika jalan kaki minimal 30 menit setiap pagi atau sore hari dapat menurunkan risiko stroke hingga 40 persen. Jalan kaki juga memungkinkan seseorang memiliki hati yang sehat, terhindar dari masalah obesitas, mencegah risiko penyakit jantung, mencegah kanker, hingga masalah osteoporosis. 

Bagaimana bisa jalan kaki mencegah risiko stroke?

Baca Juga: 6 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika seseorang berjalan kaki, disadari atau tidak hal ini mendukung tubuh untuk memiliki gerak yang cukup. Aktivitas jalan kaki juga membantu melancarkan sistem peredaran dalam tubuh, mengencangkan sekaligus melenturkan otot tubuh bahkan memperbaiki sel-sel dalam otak. Jalan kaki juga bermanfaat menstabilkan detak jantung. 

Sumber: Klikdokter

Menurut para ahli, jalan kaki membantu anak muda mencegah risiko stroke hingga 40 persen. Sedangkan orang tua yang berusia di atas usia 60 tahun, yang rutin jalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari, bisa menurunkan risiko stroke hingga sepertiganya.

Dalam hal ini bukan kekuatan atau kecepatan berjalan yang dibutuhkan. Melainkan rutinnya jalan kaki yang dilakukan. Semakin rutin seseorang melakukan jalan kaki, semakin rendah risikonya untuk terserang risiko stroke.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tapi tetap ingat, jalan kaki saja tidak cukup untuk mencegah risiko stroke. Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, rajin minum air putih, dan menghindari konsumsi makanan cepat saji. Hindari pula stres atau depresi demi mendapatkan kesehatan yang lebih sempurna. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement