Jumat 20 Sep 2019 16:17 WIB

Dapat Panggilan Wawancara Kerja? Ini yang Perlu Disiapkan

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan saat Anda mendapatkan panggilan wawancara kerja

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
wawancara kerja
wawancara kerja

Lolos ke tahap wawancara kerja? Selamat! Kamu patut senang dan bangga terhadap dirimu sendiri. Tapi, jangan sampai berlebihan karena masih punya tugas yang tak kalah penting, yaitu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan wawancara sebaik dan semaksimal mungkin. Mulai dari dokumen, alat tulis, dan yang tidak kalah penting adalah penampilan dari pakaian hingga merias wajah dengan makeup untuk wanita agar bisa tampil menarik selama wawancara kerja nanti.

Hingga sekarang ini, pastinya masih ada saja yang merasa bingung harus berpenampilan seperti apa agar saat wawancara kerja terlihat menarik. Agar bisa mendapatkan gambaran penampilan saat wawancara kerja untuk pertama kalinya, tak ada salahnya simak ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Kenakan Outfit yang sesuai

outfit

Kenakan outfit yang sesuai

Satu hari sebelum wawancara kerja berlangsung, coba persiapkan outfit atau pakaian seperti apa yang akan dikenakan nanti. Apakah itu celana bahan yang dipadukan dengan kemeja putih dan blazer atau rok? Hal berpakaian mungkin terkesan sepele, tapi pakaian yang tepat dapat membuatmu tampil maksimal selama wawancara kerja berlangsung.

Hindari pakaian yang terlalu besar atau ketat saat wawancara kerja. Selain kurang sopan dan kurang enak dilihat, pakaian yang kebesaran atau kekecilan kurang nyaman saat dipakai. Ketidaknyamanan ini tentu saja dapat mempengaruhi performa saat menjawab pertanyaan.

2. Pastikan Pakaian Rapi

Pastikan pakaian yang dikenakan sudah disetrika terlebih dahulu, ya! Jangan biarkan satu helai pun terlihat kusut agar siapapun yang memandangmu langsung terkesan atas penampilanmu. Baik pria maupun wanita, sebaiknya masukan kemeja ke dalam bawahan celana atau rok, lalu pasangkan ikat pinggang agar kesan rapinya lebih maksimal.

Selain rapi, pastikan pula pakaianmu bersih dan wangi.  Jika bau, hal ini tentu saja akan mengurangi rasa percaya dirimu karena menganggap ada yang salah dengan dirimu.

Baca Juga:  Interview Kerja dengan CEO Starup" href="https://www.cermati.com/artikel/siapkan-4-pertanyaan-ini-saat-interview-kerja-dengan-ceo-starup" target="_blank" rel="noopener">Siapkan 4 Pertanyaan ini Saat Interview Kerja dengan CEO Starup

3. Poles Wajah dengan Makeup Natural

make up

Poles wajah dengan make up natural

Khusus wanita, sah-sah saja kalau mau memakai makeup saat menghadiri wawancara kerja. Tapi, pastikan makeup yang dipoles natural alias tidak terkesan berlebihan ataupun pucat agar penampilanmu enak dilihat. Kamu bisa memoles foundation, concealer, bedak padat, blush on, dan lipstik secara tipis ke masing-masing area wajah. Usahakan memakai produk makeup yang berkualitas agar hasilnya lebih tahan lama di wajah.

4. Tata juga Rambut dengan Rapi

Rambut merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Pastikan penataan rambut sudah baik dan rapi sebelum menghadiri wawancara kerja. Untuk pria, sebaiknya pangkas rambutmu 3-4 hari sebelum wawancara berlangsung sehingga kamu tidak merasa ada yang aneh dengan penampilanmu. Sementara untuk perempuan, cuci rambut, keringkan, dan jepit bagian tertentu agar tidak menutupi wajah. Jika perlu, bisa mengikat rambut agar tidak mengganggu selama wawancara kerja berlangsung.

Jangan sampai kamu datang ke ruang wawancara dengan rambut yang masih berantakan. Hal ini menandakan kalau kamu terburu-buru dan kurang persiapan. Kalaupun kamu bangun terlambat, setidaknya bawalah sisir kecil agar bisa menyisir rambutmu terlebih dahulu sebelum menginjakkan kaki di perusahaan.

5. Hindari Kuku yang Kotor

kuku

Hindari kuku yang kotor

Bagian yang sering diabaikan kebersihannya, yaitu kuku jari tangan. Meskipun kebersihan kuku tidak masuk dalam kriteria penilaian, tapi apa salahnya kalau kamu membersihkannya terlebih dahulu.

Hal ini bisa menjadi poin tambahan bila kamu adalah calon karyawan yang sangat memperhatikan kebersihannya. Selain memotong kuku, bagi wanita juga bisa memoleskan kuteks berwarna bening atau warna lain yang lebih soft agar kukumu tampak lebih sehat.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

6. Cek Kembali Penampilan

Apakah penampilan kamu sudah sesuai dengan kriteria wawancara kerja pada umumnya? Atau masih ada yang perlu diperbaiki karena terkesan terlalu berlebihan? Sebaiknya cek kembali dan perhatikan keserasian pakaian, makeup, dan lain-lain sebelum berangkat ke perusahaan atau tempat wawancara.

Apabila ada bagian yang kurang pas, kamu pun bisa segera memperbaikinya sebelum kesalahan ini dilihat oleh rekruiter nanti. Sesuaikan penampilan dengan karakter yang melekat pada dirimu.

Ketika semuanya sesuai, kamu pun akan merasa nyaman terhadap diri sendiri sehingga kamu mampu menonjolkan sisi terbaik dalam dirimu. Sisi terbaik seperti inilah yang menjadi poin penilaian penting bagi rekruiter.

7. Hindari Memakai Aksesoris Berlebihan

aksesoris

Hindari memakai aksesoris yang berlebihan

Mengingat wawancara kerja adalah sesi formal, maka penampilanmu pun harus terlihat formal dan profesional. Hindari yang namanya pemakaian aksesori yang berlebihan, kecuali jam tangan. Kalaupun ingin memakai anting atau cincin, perhatikan model dan ukurannya. Jangan pula memakai anting atau cincin yang terlalu besar dan terlihat mewah agar rekruiter tetap nyaman saat mewawancarai kamu.

8. Pupuk Rasa Percaya Diri

Pakaian sudah bagus, makeup dan rambut juga sudah, selanjutnya saatnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri agar kamu bisa tampil lebih maksimal lagi kala menghadiri wawancara kerja. Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Rekruiter pun ragu untuk merekrutmu sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi dirimu yang sebenarnya.

Anggaplah sesi wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

Tunjukkan Sisi Terbaikmu Kepada Perusahaan

Semua orang mempunyai sisi terbaik dalam dirinya. Tapi, tidak semua orang berhasil menunjukkannya kepada orang lain. Hal inilah yang sebaiknya harus dihindari saat wawancara kerja. Maka dari itu, latihlah dirimu dari sekarang untuk menjadi lebih berani sehingga apa yang ada dalam dirimu akan terpancar dengan sendirinya. Jadikan sesi wawancara sebagai kesempatan berharga yang tidak bisa diulang kembali agar kamu bisa menunjukkan yang terbaik. Good luck!

Baca Juga: 7 Cara Interview Kerja yang Baik

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement