Rabu 18 Sep 2019 03:53 WIB

Dokter Ingatkan Jangan Sembarang Lakukan Laser Wajah

Dokter mengingatkan bahwa alat laser buatan barat tidak cocok bagi kulit wajah Asia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Wanita sedang melakukan perawatan wajah. Ilustrasi.
Foto: Withlovefay.com
Wanita sedang melakukan perawatan wajah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan laser untuk perawatan wajah di Indonesia sudah cukup berkembang dari beberapa tahun lalu. Ada berbagai laser yang digunakan oleh klinik kecantikan dan Laser Pico disebut sebagai jenis yang paling cocok untuk kulit Asia, termasuk Indonesia.

"Kulit orang barat dan Asia ini berbeda dan memang saat ini kebanyakan laser itu dari barat," ujar Head Doctor Dermaster Cabang ITC Permata Hijau dr Stiven Eli.

Baca Juga

Menurut Stiven, alat laser wajah buatan barat manfaatnya paling maksimal ketika digunakan pada kulit wajah yang memang putih seperti bule. Sedangkan bagi kulit untuk orang Asia, terutama Indonesia, sangat berbeda.

Kecerahan kulit orang Indonesia berada di level yang berbeda dengan orang barat. Alhasil, ketika menjadi pengguna alat laser dari barat, hasilnya tidak begitu memuaskan atau justru malah malah membuat kulit wajah semakin hitam dan gelap. Untuk menghindari kondisi tersebut, maka pemilihan alat laser yang tepat sangat diperlukan.

"Laser Pico Derma ini berasal dari Korea Selatan, jadi memang paling cocok untuk kulit Asia, termasuk Indonesia, yang berada di level tiga atau empat," ujar dokter lulusan Universitas Brawijaya ini.

Stiven menjelaskan, teknologi laser terbaru ini bisa menyempurnakan kondisi kulit wajah. Dengan menggunakan gelombang Pico Second maka aman bagi kulit orang Indonesia karena panjang gelombang yang digunakan adalah 755 nm dan 532 nm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement