Sabtu 14 Sep 2019 12:26 WIB

Studi: Stres Ibu Hamil Bisa Pengaruhi Gangguan Mental Bayi

Anak yang ibunya mengalami stres rentan terserang gangguan mental.

Rep: Umi Soliha / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Ibu Hamil
Foto: pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Anak-anak yang ibunya mengalami stres selama kehamilan lebih rentan mengalami gangguan kepribadian di kemudian hari. Sebelumnya telah dilaporkan bahwa stres pranatal telah dikaitkan dengan perkembangan gangguan psikotik, kecemasan dan depresi di antara anak-anak.

Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry mengklaim sebagai yang pertama dari jenisnya untuk menyelidiki hubungan antara stres prenatal dan perkembangan gangguan kepribadian.

Baca Juga

Untuk penelitian ini, para peneliti dari Royal College of Surgeons di Irlandia dan Institut Nasional Finlandia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan menilai sampel sebanyak 3.626 wanita di Helsinki, Finlandia.  

Para peserta menjawab enam kuesioner mengenai keadaan kesehatan mental mereka selama kehamilan, yang termasuk pertanyaan tentang tingkat stres yang mereka alami. Dari bayi yang dilahirkan wanita tersebut, 40 kemudian didiagnosis dengan gangguan kepribadian.

Para peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak yang ibunya mengalami stres saat hamil, memiliki potensi tiga kali lebih mengembangkan gangguan kepribadian pada saat usia 30 tahun.

Sementara itu, anak-anak yang ibunya mengalami stres prenatal parah 10 kali lebih mungkin untuk mengalami gangguan kepribadian.

Dr Trudi Seneviratne, Ketua Fakultas Prenatal di Royal College of Psychiatrists, menyoroti pentingnya memastikan bahwa kesehatan mental ibu hamil dipantau secara ketat. 

“Kehamilan bisa menjadi saat yang menegangkan dan penelitian ini menunjukkan pentingnya memastikan calon ibu memiliki akses ke dukungan kesehatan mental yang mereka butuhkan,” kata Seneviratne.

"NHS Inggris telah secara dramatis meningkatkan akses ke layanan kesehatan mental prenatal dalam beberapa waktu terakhir dan temuan ini menunjukkan betapa pentingnya bagi NHS Inggris untuk terus berinvestasi di bidang ini."

Seneviratne menambahkan  penelitian ini tidak memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi stres dan perkembangan anak, seperti latar belakang keuangan mereka, teknik orang tua dan apakah mereka pernah mengalami pelecehan seksual. 

Ross Brannigan, dari Royal College of Surgeons di Irlandia dan penulis utama studi ini, menyatakan  perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan sebab akibat antara stres prenatal dan perkembangan gangguan kepribadian di antara anak-anak.

“Studi ini menyoroti pentingnya memberikan kesehatan mental dan dukungan stres bagi wanita hamil dan keluarga selama periode antenatal dan postnatal,” kata Brannigan, dilansir dari Independent.co.uk, Jumat (13/9).

Setelah rilis penelitian, beberapa profesional kesehatan mental mengkritik temuannya, menjelaskan dalam siaran pers yang disusun  organisasi kesehatan mental Safely Held Spaces dan A Disorder for Everyone bahwa istilah "gangguan kepribadian" adalah kontroversial.

“Penting untuk menyadari bahwa gangguan kepribadian adalah label yang sangat kontroversial tanpa bukti untuk mendukungnya sebagaimana diakui bahkan oleh dokter yang menyusun manual diagnostik. Sulit untuk melihat bagaimana stres dapat meningkatkan kemungkinan kondisi yang ditemukan, "kata Lucy Johnstone, seorang konsultan psikolog klinis.

 “Jelas para ibu membutuhkan dukungan dengan situasi sosial dan pribadi yang penuh tekanan dan yang membuat lebih sulit untuk memberi bayi ... perawatan yang mereka butuhkan. Tetapi ini sangat berbeda dari klaim menakutkan bahwa anak-anak ini mungkin tumbuh untuk mengembangkan apa yang disebut gangguan kepribadian. ”

Akademisi dari King's College London menemukan 67 persen wanita berusia 16 hingga 24 tahun memenuhi kriteria untuk gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma. Sementara itu, satu dari lima wanita berusia 25 dan lebih memenuhi kriteria untuk gangguan kesehatan mental.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement