Ahad 08 Sep 2019 14:44 WIB

Ria Irawan Harus Jalani Tindakan Radiasi

Kabar mengejutkan datang dari Ria Irawan.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Ceknrcek.com -- Kabar mengejutkan datang dari Ria Irawan. Sempat dinyatakan sembuh dari kanker kelenjar bening stadium 3 yang diidapnya, penyakit itu rupanya kambuh lagi. Artis kelahiran Jakarta, 24 Juli 1969 itu kembali harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"CA nya metastasis sudah menyebar ke otak dan paru-paru ... Hari ini hasil rapat tim dokter RSCM yg menangani Ria ... Akan melakukan tindakan radiasi," tulis kakak Ria, Dewi Irawan dalam pesan beranting yang diterima redaksi, Kamis (5/9).

Dalam istilah medis, metastasis adalah gerakan atau penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan ke organ atau jaringan lainnya. Sel kanker tersebut biasanya menyebar melalui darah atau kelenjar getah bening. Penyebaran kanker ini dapat terjadi di mana saja, baik di dalam jaringan, ke organ terdekat maupun organ yang jauh.

Merujuk unggahan Instagram Dewi, kondisi Ria mulai melemah sejak awal Agustus, dan kembali harus menjalani perawatan. Lewat Instagramnya, Dewi mengunggah foto Ria tengah dirawat di rumah sakit. Namun di foto yang diunggah pada 20 Agustus 2019 itu, Ria terlihat segar. Ia tampak dijenguk rekan artis Melly Goeslaw dan Lala Karmela.

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Prilly Latuconsina Sempat Drop Sampai Diinfus di Lokasi Syuting

Sekadar mengingatkan, Ria Irawan didiagnosis menderita kanker kelenjar getah bening stadium tiga sejak September 2014. Vonis itu tak membuat ia patah semangat. Ria terlihat sangat bersemangat menjalani proses pengobatan.

Selama proses penyembuhan, Ria bahkan sempat melangsungkan pernikahan dengan asisten pribadi, Mayky Wongkar. Mereka menikah di KUA Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, 23 Desember 2016. Empat hari setelah menikah, 27 Desember 2016, Ria menjalani kemoterapi untuk kankernya yang kembali muncul.

Sumber: Istimewa

Upaya medis itu terbilang berhasil. Ria terlihat bugar. Selepas kemoterapi, pada 2 Januari 2017, ia dan suami berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan umrah. Mereka bahkan melanjutkan perjalanan ke Mesir untuk berbulan madu, sebelum pulang ke Tanah Air, 13 Januari 2017.

Sejak itu, kondisi Ria dikabarkan terus membaik, sampai akhirnya dinyatakan Ria sembuh medio 2018.

Keberhasilan proses pengobatan mendorong Ria menjadi motivator. Ia memiliki ijazah hipnoterapis, karena ingin menularkan semangat kepada sesama penderita kanker. Ria mencoba membantu banyak orang dengan mengajarkan self hypnotize atau self healing.

Kini, Ria kembali harus menjalani perawatan serius. Tim dokter yang menanganinya telah memutuskan untuk segera mengambil tindakan radiasi.

Dihubungi Kamis (5/9), Dewi Irawan membenarkan kondisi adiknya itu. "Mohon doanya, semoga Ria cepat sembuh," pinta dia.

BACA JUGA: Cek SOSOK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement