Kamis 05 Sep 2019 11:58 WIB

Tips Memilih Produk yang Aman untuk Kulit Si Kecil

Penggunaan alkohol pada produk bayi dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Kebutuhan kulit bayi membutuhkan perawatan yang berbeda dengan dewasa.
Foto: Pixabay
Kebutuhan kulit bayi membutuhkan perawatan yang berbeda dengan dewasa.

Ceknricek.com -- Kulit bayi Iebih rentan, mudah kering dan sensitif. Kondisi ini karena kulit bayi memiliki struktur dan komposisi yang berbeda dibandingkan orang dewasa.

Dokter spesialis kulit, dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, KFCCS mengatakan, kulit adalah pelindung tubuh terhadap dunia luar. Karena fungsi itulah, maka kesehatan kulit harus dijaga dengan baik. 

'''Apalagi kulit anak, sangat perlu mendapatkan perhatian, karena cenderung Iebih tipis daripada kulit orang dewasa,'' kata dokter Edwin dalam sebuah acara di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu. ''Hal ini yang membuat kulit anak Iebih sensitif dan rentan terhadap beragam ruam dan masalah kulit lainnya,'' katanya.

Menurut Edwin, anak yang terjaga kesehatan kulitnya itu akan merasa Iebih nyaman dan senang saat melakukan aktivitasnya. Seperti, penggunaan tisu basah yang aman untuk kulit bayi. 

''Sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi dengan memilih produk yang tepat untuk mereka,'' ucapnya.

Berikut ini pemilihan produk seperti tisu basah yang harus dihindari demi menjaga kesehatan kulit si kecil.

Penggunaan alkohol

Penggunaan alkohol pada produk bayi dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Sebab itu, carilah produk yang bebas alkohol. 

Penggunaan produk yang mengandung Paraben

Kandungan ini dapat meningkatkan risiko kanker dan alergi pada kulit bayi. Dengan alasan inilah, produk yang dipakai juga bebas paraben. 

Produk tidak mengandung Phthalates

Begitu pula pada kandungan Phthalates yang terdapat pada pengharum dan pewarna produk juga berbahaya untuk kulit. Pakailah produk yang bebas pengharum. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement