Kamis 05 Sep 2019 13:16 WIB

5 Langkah yang Wajib Dilakukan Sehabis Berolahraga

Jangan pernah menyepelekan istirahat dan tidur karena tubuh membutuhkannya.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Unsplash
Foto: Unsplash

Ceknricek.com - Sebelum olahraga, saat, dan usai berolahraga ada beberapa hal penting yang perlu Anda jalani. Berikut 5 langkah yang wajib dilakukan usai berolahraga.

Mandi dan mengganti pakaian

Anda akan sangat berkeringat setelah olahraga. Keringat membuat kuman bersarang di tubuh, yang bisa mendatangkan penyakit. Anda yang terbiasa berolahraga di gym, malah punya kewajiban mandi lebih tinggi. 

Menurut penelitian, alat-alat di gym merupakan sarang kuman dan bakteri paling besar karena digunakan oleh orang yang berkeringat. Dengan mandi dan mengganti pakaian basah, tubuh secara otomatis melakukan pemulihan.

Mengganti cairan dan mengisi perut dengan benar

Berolahraga menguras cairan tubuh, membakar kalori untuk menjadikannya energi. Satu hal penting yang harus Anda jadwalkan setelah berolahraga adalah minum dan makan 30 menit setelahnya.

Sebenarnya ini tidak perlu diberi tahu karena tubuh akan memberikan kodenya sendiri dengan rasa haus dan lapar. Namun, Anda harus membaca kode tubuh itu dengan benar. Air mineral cukup untuk untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, serta makanan berprotein tinggi cocok untuk mempercepat pemulihan pascaolahraga.

Tidak melakukan kegiatan berat

Ini sebabnya olahraga harus dijadwalkan di hari terpisah dengan kegiatan yang menguras tenaga lainnya. Maksudnya, Anda seharusnya tidak melakukan perjalanan jauh sebelum atau setelah berolahraga.

Otot-otot tubuh Anda harus segar sebelum berolahraga dan segera melakukan pemulihan setelahnya. Melakukan aktivitas berat setelah berolahraga malah berisiko membuat cedera.

Tidak bermalas-malasan

Memang Anda harus bersantai setelah berolahraga. Sayangnya, banyak yang salah mengartikan ini. Jadinya, banyak orang yang duduk di depan TV dengan semangkuk besar camilan kripik dan menonton film favorit sampai malam.

Pertama, Anda salah karena mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak terlalu baik untuk tubuh. Kedua, memang Anda santai dan tidak melakukan banyak hal, tapi mata Anda tidak terpejam dan detak jantung kamu masih bekerja.

Yang ada, tubuh bukannya melakukan pemulihan dengan baik, tapi malah membuatnya semakin sakit. Sebaiknya, matikan TV dan segera menuju kasur saat tubuh kamu sudah terlalu lelah.

Istirahat cukup supaya siap kembali beraktivitas

Jangan pernah menyepelekan istirahat dan tidur karena tubuh membutuhkannya. Tidak ada yang namanya tidur sebentar dan kembali melakukan aktivitas. Bahkan, atlet profesional saja butuh waktu lebih dari satu hari untuk melakukan istirahat yang cukup.

Saat ingin tubuh bagus dan sehat, ada baiknya Anda juga menghargai tubuh dengan memberikannya istirahat yang cukup.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya