Rabu 04 Sep 2019 00:34 WIB

Menjaga Kesehatan Rambut dengan Pola Makan

Kerusakan rambut bisa disebabkan karena makanan tinggi lemak jenuh.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: windsordermatology.com
Foto: windsordermatology.com

Ceknricek.com -- Rambut merupakan mahkota kaum hawa. Selain pemakaian sampo dan produk perawatan lainnya, rambut membutuhkan nutrisi dari makanan agar tetap sehat, kuat dan berkilau.

Untuk menjaga kesehatan rambut, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini.

Makanan tinggi lemak jenuh

Kerusakan rambut bisa disebabkan karena makanan tinggi lemak jenuh. Makanan dengan lemak jenuh akan membuat pori-pori di kulit jadi tersumbat, termasuk di kulit kepala Anda, sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang digoreng atau dipanggang yang menggunakan margarin.

Makanan manis dengan indeks glikemiks tinggi

Makanan seperti permen, nasi putih, pasta, roti putih, margarin hingga kue termasuk makanan manis dengan indeks glikemiks tinggi. Bila terlalu berlebihan mengonsumsinya, gula darah bisa melonjak.

Saat tubuh mengolah gula dari makanan, hormon insulin akan memberikan respon terhadap peningkatan glukosa. Kondisi ini menyebabkan kadar androgen meningkat dan akhirnya memengaruhi kantung kelenjar (folikel) pada kulit kepala.

Makanan tinggi protein hewani

Protein hewani yang terkandung pada daging, memang penting karena dapat memperkokoh rambut dan menebalkan rambut. Namun bila jumlahnya terlalu berlebihan, justru akan membuat rambut kurang sehat. 

Bagi Anda yang menjalani diet keto, ada baiknya menambah menu makanan dengan serat seperti brokoli dan bayam. Variasikan juga dengan tahu atau gandum yang mengandung asam amino yang membentuk keratin, yakni zat utama pembentuk rambut.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement