Senin 02 Sep 2019 00:51 WIB

5 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Kulit

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai banyak digunakan sebagai aromaterapi

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Prokal.co
Foto: Prokal.co

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai banyak digunakan sebagai aromaterapi sekaligus bahan utama produk skincare tertentu. Berikut 5 manfaat daun serai untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

Membantu mengatasi jerawat

Serai bersifat antibakteri dan antimikropobia sehingga bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah jerawat, terutama yang disebabkan oleh kotoran atau kuman. Cara kerja serai dalam mengatasi jerawat adalah dengan membunuh kuman dan kotoran pada jerawat sehingga proses penyembuhan jerawat semakin cepat.

Makanya, jika sedang memiliki masalah kulit yang mengganggu seperti timbulnya jerawat atau biang keringat di tubuh, Anda dianjurkan untuk mandi dengan menggunakan sabun serai untuk membunuh kuman dan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan biang keringat tersebut. 

Menyamarkan noda bekas jerawat

Minyak serai bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat serta flek-flek hitam lainnya yang ada di wajah. Soalnya, serai mampu mencerahkan kulit serta meratakan warna kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Tetapi, pastikan Anda tidak terganggu dengan aroma serai yang sangat tajam ketika menggunakan minyak serai sebagai totol jerawat. 

Menghilangkan gatal-gatal pada kulit, serta meredam kemerahan yang timbul

Selain mencegah serangga penyebab gatal-gatal atau iritasi pada kulit, serai juga bisa digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal atau iritasi yang terlanjur timbul. Serai bekerja dengan cara meredam kemerahan dan rasa gatal yang mengganggu pada permukaan kulit.

Baca Juga: Segudang Manfaat Daun Kelor Untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Berbeda dengan beberapa kandungan lain yang meredam kulit dengan cara memberikan cooling sensation atau efek sejuk seperti aloe vera, serai justru meredam kemerahan dan rasa gatal pada kulit dengan cara membuat kulit menjadi hangat sehingga Anda bisa merasa lebih relax. 

Mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah, misalnya pada bagian tumit

Serai juga bisa digunakan untuk melembabkan bahkan menjaga elastisitas kulit. Bahkan, serai juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah pada bagian tubuh tertentu seperti tumit. Serai mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama jika dibandingkan dengan kandungan lain seperti bengkoang atau aloe vera. 

Maka dari itu, jika Anda ingin menghilangkan kulit pecah-pecah pada tumit kaki atau bagian tubuh lainnya sangat dianjurkan menggunakan sabun serai atau minyak dan lotion serai.

Menghilangkan ketombe pada kulit kepala

Serai tidak hanya berfungsi untuk merawat kulit wajah dan kulit tubuh, tetapi juga untuk kulit kepala bahkan rambut. Minyak serai diklaim mampu menghilangkan ketombe pada kulit kepala tanpa membuatnya menjadi berminyak dan lembap sekaligus melembutkan helaian rambut.

Efek menghangatkan yang berasal dari serai bisa membuat ketombe perlahan menghilang jika kamu rajin menggunakan minyak serai minimal 15 menit sebelum keramas.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya