Senin 02 Sep 2019 05:31 WIB

Mengambil Hal Positif Dari Menopause

Menopause merupakan transisi terbesar bagi perempuan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Persiapkan diri menjelang menopause/ilustrasi
Foto: yorkshiretimes.co.uk
Persiapkan diri menjelang menopause/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa menopause merupakan transisi besar dalam kehidupan wanita. Menopause bukan sesuatu yang harus dihindari atau hal tabu.

Ketika wanita memasuki masa menopause, akan lebih mudah membahas tips untuk membuat prosesnya jauh lebih baik sehingga merasa siap menjalani tahap kehidupan ini. Perubahan utama pada wanita saat menopause adalah ovarium menghasilkan lebih sedikit hormon estrogen dan progesteron.

Baca Juga

Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan  wanita karena ada tiga hal positif atau yang akan hilang saat wanita memasuki masa menopause.

Pertama, migrain kemungkinan akan hilang. Wanita tidak lagi mengalami peningkatan dan penurunan hormon, karena jumlah estrogen saat menopause jauh lebih sedikit. Hormon ini dapat menjadi penyebab migrain.

Kemudian yang kedua adalah tidak adanya periode PMS. “Ketika fluktuasi estrogen stabil saat menopause, masalah lain yang dipicu oleh hormon seperti fibroid dan endometriosis kemungkinan akan membaik atau bahkan hilang,” kata direktur eksekutif North American Menopause Society (NAMS) JoAnn Pinkerton, M.D., seperti yang dilansir dari Health, Ahad (1/9).

Ketiga, wanita bisa melakukan latihan panggul karena penurunan estrogen, kandung kemih dan jaringan panggul dapat melemah. Ini dapat menyebabkan masalah seperti tidak bisa menahan urin.

Tetapi penelitian menunjukkan wanita dapat menghindari gejala itu sebanyak 70 persen jika mereka memperkuat dasar panggul dengan melakukan latihan kegel. Latihan ini harus dijalani dengan rileks dan para wanita juga bisa mengenakan sepasang pakaian dalam fit flex untuk perlindungan tambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement