Ahad 01 Sep 2019 09:34 WIB

5 Tempat Wisata di Solo yang Kaya Sejarah

Keindahan alam dan budaya yang disuguhkan kota Solo tidak akan mengecewakan Anda.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

SOLO, AYOBANDUNG.COM -- Bicara mengenai tempat wisata di Solo, memang mungkin tidak seterkenal wisata-wisata yang ada di daerah lain Jawa Tengah seperti Semarang dan Yogyakarta. 

Namun bukan berarti kota Solo tidak mempunyai keindahan alam dan destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. 

Jika ingin pergi ke Jawa Tengah memang destinasi paling utama yang dipilih para wisatawan adalah Yogyakarta. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan destinasi wisata yang ada di kota Solo yang wajib dan patut Anda kunjungi. Keindahan alam dan budaya kota Solo juga tidak akan mengecewakan Anda.

Masih bingung mau liburan kemana saat berada di Solo? Yuk simak dibawah ini kami punya beberapa referensi tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi.

1. Taman Sriwedari

Tempat ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Solo dan Taman Sriwedari ini merupakan komplek dari pertamanan yang lokasinya berada di daerah Laweyan. Taman ini sudah ada dari era kepemimpinan Pakubuwana X. Tahukah Anda pada tahun 1948, Taman Sriwedari pernah dipakai sebagai lokasi penyelenggaraan PON.

Anda juga bisa menemukan Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang digunakan sebagai arena untuk pertunjukan wayang orang. Taman Sriwedari sudah menjadi pusat hiburan, budaya, dan seni masyarakat Solo dan sekitarnya. Anda bisa berkunjung mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam dengan tiketnya tergolong murah hanya sekitar Rp5.000 per orang.

2. Tugu Lilin

Tempat wisata di Solo berikutnya yakni Tugu Lilin. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat bersantai ketika sore hari. Tugu ini didirikan untuk memperingati 25 tahun dari kelahiran Boedi Oetomo yang berlokasi tepatnya di Jl. Kebangkitan Nasional Kota Solo. Keunikan tugu yang berbentuk lilin itulah penyebabnya disebut Tugu Lilin. Namun ternyata tugu lilin memiliki makna menggambarkan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang selalu menyala untuk merebut kemerdekaan.

Tugu Lilin sangat cocok untuk dijadikan latar berfoto bagi Anda yang senang atau menyukai fotografi. Selain suasana yang nyaman dan pemandangan alam sekitar yang menyegarkan, Anda juga bisa sekalian mempelajari sejarah serta mengingat jasa-jasa perjuangan pahlawan kita jaman dahulu. Dekat Tugu Lilin ada banyak wisata kuliner yang wajib Anda cicipi yang terkenal enak dan lezat.

3. Pasar Klewer

Selanjutnya wisata belanja di Solo yang menjadi favorit para wisatawan yakni Pasar Klewer. Anda bisa membeli berbagai macam kain atau batik dengan berbagai motif dan corak dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang harganya jutaan. Pasar Klewer ini bahkan menjual berbagai batik baik buatan lokal hingga buatan mancanegara.

Pasar yang satu ini ditempati oleh kurang lebih 2.000 pedagang. Namun para pedagang tidak hanya menjual batik saja, akan tetapi juga menjual barang-barang lain. Ada juga tukang jahit yang siap membantu Anda membuat pakaian sesuai dengan selera. 

4. Pura Mangkunegaran

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Pura Mangkunegaran. Istana ini dibangun dengan sangat megah dan juga indah untuk kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Perlu Anda ketahui tempat ini berhasil menjadi pusat kebudayaan dan seni kota Solo. Ada banyak ragam koleksi dalam istana ini dari peninggalan dari kerajaan Mataram dan Majapahit.

Saat masuk ke kawasan Pura Mangkunegaran, Anda bisa melihat halaman luas dengan bangunan bergaya Eropa. Di dalam Pura terdapat Pendopo yang berarsitektur Eropa – Jawa yang lengkap, bahkan ada juga gamelan. Jika memungkinkan sebaiknya Anda datang ke Pura Mangkunegaran pada hari Rabu, karena pada hari itu selalu rutin diselenggarakan pameran gamelan. 

5. Pasar Triwindu Solo

Bagi Anda yang ingin mencari pernak-pernik atau aneka ragam barang seni, maka sangat pas untuk datang ke Pasar Triwindu. Pasar ini biasa juga disebut dengan Pasar Antik Triwindu. Pasar ini telah dibangun sejak tahun 1939 sebagai peringatan 24 tahun masa pemerintahan Mangkunegara VII. Anda bisa menemukan aneka patung, perabot rumah tangga, telepon tua, cangkir, mesin tik, dan banyak barang antik lainnya disini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement