Kamis 29 Aug 2019 12:59 WIB

Trendi di Hari Pertama Kerja

Penampilan di hari pertama kerja penting untuk memberikan kesan positif.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nora Azizah
Pilihan warna pakaian, memengaruhi keberhasilan di tempat kerja.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pilihan warna pakaian, memengaruhi keberhasilan di tempat kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah pakaian bisnis atau baju kerja yang lebih kasual menjadi pilihan busana yang tergolong baru beberapa waktu terakhir. Hal ini membuat seorang pekerj baru mungkin lebih sulit untuk berpakaian dengan tepat pada hari pertama.

Kesulitan memilih busana di hari pertama masuk kerja? Berikut tip untuk memulai dan membuat terlihat profesional dalam peran baru di tempat kerja, dikutip dari Forbes, Kamis (29/8).

Baca Juga

Rapi Saat Melamar Kerja

Kalau ingin maju di dunia pekerjaan, apa yang dikenakan itu penting. Tidak hanya orang akan memandang secara berbeda, namun, penelitian telah menunjukkan ketika mengenakan pakaian yang lebih formal kemampuan berpikir abstrak meningkat.

Berdandan pun menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan dalam diri.  Maka, pada hari pertama ke kantor, jangan langsung mengenakan jins dan berpakaian seolah-olah datang untuk wawancara kedua.

Cara tersebut akan menunjukkan kepada rekan senior di kantor kalau serius tentang kesempatan untuk memahami tentang yang dipakai kebanyakan orang untuk bekerja. Tarik blazer dan sepatu hak profesional atau jas yang sesuai untuk mulai hari pertama.

Pilih Pakaian Berkualitas

Coba kenali gaya berpakaian di tempat kerja, apakah bisnis kasual atau pakaian bisnis lengkap. Setelah itu, coba pilihlah pakaian yang berkualitas, dan jangan mengedepankan jumlahnya.

Memang rekan kerja bukan ahli mode, namun, kebanyakan orang bisa mengenali pakaian yang dibuat dengan buruk dan akan membuat penilaian secara sadar atau tidak sadar. Ketika menghadiri rapat dengan atasan compang-camping atau bernoda, maka akan terlihat berantakan dan tidak mahir dalam peran yang dikerjakan.

Meskipun mungkin merasa lebih mahal untuk membeli atasan yang lebih bagus, pertimbangkan biaya per penggunaan dan usia barang yang lebih berkualitas. Jika itu terasa di luar anggaran, ingat kecocokan itu lebih diutamakan. Temukan pakaian yang sesuai atau bawa pakaian ke penjahit yang tepat.

Lengkapi dengan Aksesori

Bagi kebanyakan wanita, perhiasan dan aksesoris adalah bagian utama dari pakaian. Namun, sebelum memutuskan untuk mengeluarkan aksesori mencolok, ingat kepantasan untuk dikenakan dalam wilayah pekerjaan di kantor.

Pemilihan aksesori tepat pun bukan hanya mempertimbangkan penampilan. Benda tersebut pun sebisa mungkin tidak mengganggu suasana kantor, contoh saja seperti yang menimbulkan suara.

Contoh saja, ketika menggunakan aksesori gelang, pastikan tidak akan membuat keributan saat mengetik. Kondisi ini akan mengganggu dan menarik diri dari fokus pertemuan dan konten atau ide apa yang dibagikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement