Sabtu 24 Aug 2019 17:05 WIB

5 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Siapa sangka daun tumbuhan ini bisa menghambat sel kanker.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: matcha.blue
Foto: matcha.blue

Sirsak (Annona muricata L) adalah buah berdaging putih ini memiliki cita rasa yang unik. Kombinasi rasa manis dan asamnya begitu sempurna.

 

Cocok sekali untuk berbagai macam minuman, kudapan, atau makanan pencuci mulut. Namun, ternyata bukan buahnya saja yang berguna. Daun sirsak tak kalah kaya manfaat kesehatan.

Berikut manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Mengobati kanker

Siapa sangka daun tumbuhan ini bisa menghambat sel kanker. Acetogenin yang ada di dalamnya merupakan zat antikanker yang sangat kuat. Acetogenin merupakan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh. Ia menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Cara kerjanya hampir sama dengan kemoterapi. Ia menghambat pembelahan DNA sel kanker. Hasilnya, sel kanker sulit tumbuh dan berkembang dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, cukup rebus daun sirsak dengan air. Kemudian, minum air hasil rebusannya setiap hari.

Mengobati kolesterol

Kandungan antioksidan dalam daun nangka belanda ternyata mampu mencegah dan menekan kadar kolesterol. Berkat zat tersebut, kandungan kolesterol tubuh bisa lebih dikendalikan. Sama seperti di atas, untuk hal ini, kamu cukup meminum hasil rebusan daun sirsak setiap hari.

Mengobati asam urat

Selain membantu mengatasi kanker dan kolesterol, ternyata daun ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Kandungan zat di dalamnya terbukti efektif untuk mengatasi asam urat.

Cara konsumsinya cukup mudah. Ambil enam sampai sepuluh lembar daun sirsak, lalu potong jadi beberapa bagian. Kemudian, rebus dengan dua atau tiga gelas air. Tunggu hingga air rebusan berkurang hingga setengahnya. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Tergantung preferensi pribadi.

Membantu mengatasi darah tinggi

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis kronis ketika tekanan darah di arteri meningkat. Akibatnya,  jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah. Jika terjadi terus-menerus, hipertensi bisa mengakibatkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma, dan berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga: 3 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Nah, ternyata daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Zat di dalamnya juga berkhasiat melancarkan peredaran darah. Antioksidan di dalamnya mampu melenturkan pembuluh darah.

Cara mengonsumsinya relatif sama dengan di atas. Rebus delapan helai daunnya dengan tiga gelas air. Lalu, minum hasil rebusannya di pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin tiga kali dalam seminggu.

Mengobati jerawat

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata Annona muricata L. juga memiliki manfaat kecantikan lho. Ia bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Namun, cara menggunakannya berbeda. Untuk menggunakannya sebagai obat jerawat, kamu harus membuatnya jadi masker wajah.

Ambil enam lembar daun sirsak, dan tumbuk sampai halus. Campurkan air mawar, lalu aplikasikan ke wajah. Gunakan masker secara teratur sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement