Selasa 20 Aug 2019 07:45 WIB

Kisah Addie MS Menabung demi Beli Buku di Amerika

Addie MS rela menabung agar bisa membeli buku di New York dan Los Angeles

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
Addie MS
Addie MS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Musisi dan konduktor orkestra Addie Muljadi Sumaatmadja (Addie MS) mengisahkan pernah kesulitan mencari buku musik saat memulai karier sebagai musisi. Karena itu, ia rela menabung untuk bisa membeli buku di New York dan Los Angeles (LA).

“Dulu kebiasaan ngumpulin duit, pergi ke New York, LA, cuma beli buku sekoper,” kata suami dari penyanyi Memes itu dalam diskusi Di Balik Kisah Sebuah Buku di Gramedia Pondok Indah Mall I, Senin (19/8).

Baca Juga

Kebiasaan itu membuat rumahnya memiliki perpustakaan yang berisi buku-buku musik. Tak hanya membeli buku, biasanya Addie MS juga sekaligus menghabiskan waktu menonton pertunjukkan opera di New York dan LA. “Begitu terus bertahun-tahun, karena susahnya mencari referensi buku musik saat itu,” ujar dia.

Sekarang, ayah dari Kevin Aprilio dan Tristan Juliano itu senang bisa menemukan banyak buku musik di Indonesia. Addie mengaku selalu tertarik mengikuti dan mendukung kegiatan yang meningkatkan minat baca masyarakat.

Sebab, menurut dia, minat baca bangsa Indonesia belum setinggi di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Ketika bangsa belum selesai melakukan pembinaan minat baca, sudah muncul media sosial yang kebanyakan berisi informasi sepotong-sepotong.

“Setiap ada upaya membuat minat baca lebih baik, saya selalu dukung. Bukan karena ada buku saya, tapi bangsa kita harus lebih banyak baca buku,” kata Addie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement