Sabtu 10 Aug 2019 11:30 WIB

Empat Chef Pamer Kuliner Indonesia di India

Chef Indonesia akan menghadirkan menu yang memiliki kemiripan dengan masakan India.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Friska Yolanda
Sejumlah chef selebriti dari Indonesia mengikuti ajang International Hospitality Expo (IHE) di New Delhi, India. Para chef tersebut memamerkan kuliner Indonesia yang dipadukan dengan bahan-bahan khas India.
Foto: KBRI New Delhi
Sejumlah chef selebriti dari Indonesia mengikuti ajang International Hospitality Expo (IHE) di New Delhi, India. Para chef tersebut memamerkan kuliner Indonesia yang dipadukan dengan bahan-bahan khas India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Ratusan pelaku bisnis kuliner dan perhotelan serta tamu diplomatik di India berkesempatan mencicipi masakan-masakan khas Indonesia di acara puncak kegiatan International Hospitality Expo 2019 (IHE 2019) yang diadakan di New Delhi, India pada 7 hingga 10 Agustus 2019. Sajian Indonesia ini disiapkan oleh empat chef selebriti Indonesia yakni Yuda Bustara, Gupta Sitorus, Primo Rizky, dan Kevindra Soemantri. Mereka hadir di India selama 10 hari sebagai bagian dari perayaan 70 tahun  hubungan diplomatik Indonesia–India yang diadakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di India .  

Dalam puncak acara IHE 2019, empat chef tersebut menghadirkan berbagai masakan seperti rawon kambing, nasi basmati daun jeruk, asinan betawi, terong balado, dan rujak serut Aceh. Masakan-masakan tersebut dihidangkan kepada sekitar 300 orang dari pelaku jasa hospitality.

“Menu-menu Indonesia yang kami hadirkan adalah menu yang memiliki kemiripan dengan masakan India baik dari sisi penggunaan bahan baku maupun teknik memasak. Kami juga ingin membangun relevansi antara masakan-masakan yang kami buat dengan masyarakat India dengan sebisa mungkin menggunakan bahan baku yang familiar di masyarakat India”, ungkap Gupta melalui keterangan pers, Sabtu (10/8). 

Beberapa contoh kombinasi di antaranya penggunaan beras basmati alih-alih  beras biasa untuk resep nasi daun jeruk atau penggunaan daging kambing dan domba untuk rawon yang cukup biasa di masyarakat India.  

 

“Menu-menu ini mendapat sambutan luar biasa bahkan dari chef-chef India terkemuka yang hadir. Salah satu chef bahkan sempat empat kali kembali ke area Indonesia untuk mencicipi kembali masakan-masakan kami”, ungkapnya. 

Indonesia menjadi focus country pada kegiatan the 2nd International Hospitality Expo. Dengan menjadi focus country, Indonesia mendapatkan kesempatan mengisi dua area yang berada di lokasi berbeda, yaitu di lokasi pameran dan di lokasi food hall//. Stand masakan Indonesia turut mengisi sudut Asian Gourmet Safari di arena International Hospitality Expo. Kehadiran Indonesia pada sudut Asian Gourmet Safari turut melengkapi deretan peserta yang diikuti oleh beberapa negara, antara lain Peru, Vietnam, dan Myanmar. Sementara untuk satu stand Indonesia lainnya diisi dengan kegiatan promosi pariwisata Indonesia.

Puncak dari kegiatan Indonesian Food Festival pada International Hospitality Expo adalah acara IHE 2019 Hospitality Awards yang merupakan ajang pemberian penghargaan bergengsi bagi pelaku terbaik di bidang hospitality di seluruh India. Duta Besar RI untuk India, Sidharto Suryodipuro hadir sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut. Dia pun memberikan apresiasi atas pemilihan Indonesia sebagai focus country dalam ajang tersebut. 

“Dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik India dan Indonesia, KBRI New Delhi dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan Food Festival dengan mendatangkan 4 orang chef terkenal dari Indonesia yang akan memperkenalkan anda semua dengan cita rasa masakan Indonesia,” ucap Sidharto.

Salah satu hal menarik menurut Chef Yuda Bustara adalah ketertarikan pengunjung pada telur asin Indonesia. Bahkan, dia mengaku, masyarakat India menyukai telur asin yang dihidangkan berdampingan dengan rawon.

“Kami tidak menyangka, ternyata masyarakat India juga menyukai telur asin, sambal terasi dan juga krupuk putih ,” ujar Yuda. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement