Jumat 09 Aug 2019 12:38 WIB

Yoga Jadi Rahasia Sehat Narendra Modi

Yoga bantu jaga energi Narendra Modi dari pagi hingga malam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perdana Menteri India Narendra Modi
Foto: AP Photo/Mahesh Kumar A.
Perdana Menteri India Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Narendra Modi bukan hanya seorang politikus. Ia juga merupakan seorang pecinta yoga, penganjur hidup sehat dan menginspirasi banyak orang dengan program kebugarannya.

Tidak mengherankan kalau ia kembali menduduki daftar 'Top 30 Health Influencer untuk 2019' yang juga menampilkan para pesohor Akshay Kumar, Tiger Shroff, Deepika Padukone, Priyanka Chopra dan olahragawan olah raga seperti Mary Kom, Mahendra Singh Dhoni dan Virat Kohli.

Baca Juga

“Modi berperan penting dalam melembagakan Hari Yoga Internasional 2015, yang sekarang diamati secara global. Dia tidak hanya tertarik untuk meningkatkan India tetapi juga ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran orang India. Terlepas dari semua tugas yang ada, pria berusia 68 tahun ini masih tetap bugar,” ungkap CEO dan pendiri GOQii, Vishal Gondal, yang merilis daftar itu, seperti dilansir dari laman Indian Express.

Modi dikenal sebagai orang yang bangun pagi-pagi di pukul 05.00 dan terus bekerja sampai pukul 22.00. Dia mengungkapkan bahwa meskipun dokter telah menasihatinya untuk tidur selama lima jam, dia berhasil tidur selama tiga-empat jam saja.

“Dokter memberi tahu saya bahwa saya perlu tidur selama lima jam, tetapi saya tidur maksimal tiga-empat jam. Namun, saya bisa tidur nyenyak. Saya sama energik dari pagi hingga malam. Saya kira rahasia di baliknya adalah yoga dan Pranayama, yang saya lakukan setiap hari,” katanya dalam pesan video.

Agar tetap bugar, Modi, yang pertama kali mengusulkan gagasan Hari Yoga Internasional di Majelis Umum PBB pada tahun 2014, berlatih yoga selama satu jam setiap hari setiap pagi. Setelah sesi yoga, ia bermeditasi. Meditasi menjadi suatu rutinitas yang ia rajin ikuti.

Saat menjelang Hari Yoga Sedunia pada 21 Juni, Modi membagikan serangkaian video animasi tentang dirinya yang melakukan yoga di Twitter untuk menginspirasi orang. Dari Tadasana hingga Trikonsana, video merinci manfaat setiap asana dan juga menjelaskan bagaimana orang dapat melakukannya.

Selain yoga, ia juga berjalan di trek yang terinspirasi oleh Panchtatva atau lima elemen alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement