Rabu 07 Aug 2019 09:29 WIB

Warna Kulit Tentukan Pilihan Warna Lipstik

Pada dasarnya warna kulit dibedakan jadi warm, cool, dan dark.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Wanita memulas bibirnya dengan lipstik.
Foto: EPA
Wanita memulas bibirnya dengan lipstik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenis lipstik yang beredar di pasaran begitu bervariasi, dari segi bentuk, ukuran, hingga warna. Keberagaman ini membuat perempuan tidak kunjung habis mencoba menemukan yang cocok, meski sering kali justru berujung dengan warna lipstik yang tidak pas.

Mengapa bisa mendapatkan warna lipstik yang tidak tepat? Menurut Senior Product Manager Loreal Indonesia Chaerun Nisa Putri, pemilihan warna untuk lipstik sangat dipengaruhi oleh warna kulit seseorang.

Baca Juga

"Buat pemilihan warna lipstik sambungkan sama warna kulit yang mana," kata  Chaerun Nisa Putri.

Setiap perempuan memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Hal ini pula yang mempengaruhi begitu banyaknya warna lipstik yang ada untuk memenuhi perbedaan warna kulit yang ada.

Ketika suatu warna lipstik digunakan pada perempuan dengan kulit kuning langsat, maka akan berbeda dengan perempuan berkulit sawo matang. Untuk itu, mengenali warna kulit terlebih dahulu penting untuk mengetahui warna lipstik yang tepat.

Tapi, dengan berbagai jenis kulit perempuan, untuk sebagai panduan, Putri menjelaskan, ada tiga penggolongan warna kulit. Warna kulit perempuan dapat dibagi menjadi warm, cool, dan dark.

Kalau kulit perempuan itu masuk kategori warm, Putri menyarankan untuk lebih baik menggunakan lipstik yang orange base atau red shade. Sedangkan kulit yang masuk kategori cooler tone atau lebih putih dapat memakai warna-warna lipstik yang lebih nude atau merah muda.

"Tapi, kulitmu masuk kategori dark atau lebih gelap, lebih bagus pakai lipstik yang ada blue base sama red shade-nya," kata Putri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement